Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Berbasis Kebudayaan Lokal Banten untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Research and Development di Kelas IV Sekolah Dasar Ass'adah Global Islamic School)

Fidyananda, Galuh (2024) Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Berbasis Kebudayaan Lokal Banten untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Research and Development di Kelas IV Sekolah Dasar Ass'adah Global Islamic School). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240003_Cover.pdf

Download (286kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240003_Lampiran Depan.pdf

Download (4MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240003_Bab I.pdf

Download (428kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_201240003_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (599kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240003_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (727kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240003_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (642kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240003_Bab V.pdf

Download (286kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240003_Daftar Pustaka.pdf

Download (401kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa buku cerita bergambar berbasis kebudayaan lokal terhadap karakter peduli sosial siswa, menghasilkan buku cerita bergambar berbasis kebudayaan lokal Banten yang layak untuk meningkatkan karakter peduli sosial siswa, dan mengetahui kefektivan buku cerita bergambar berbasis kebudayaan lokal Banten dalam rangka meningkatkan karakter peduli sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model 4-D (Four D), metode yang digunakan pada penelitian ini meliputi 4 tahapan, yaitu: define, design, develop, dan dessiminate. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV Al-Fattah di SD Assa’adah Global Islamic School (AGIS) yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrument penilaian untuk dua validator dan satu guru untuk mengukur kelayakan produk, angket skala peduli sosial yang diberikan kepada 23 siswa untuk mengukur keefektifan produk buku cerita bergambar berbasis kebudayaan lokal. Hasil pengembangan buku cerita bergambar berbasis kebudayaan lokal telah diuji validitas oleh ahli media dan ahli materi, berdasarkan uji validasi yang dilakukan validator dinyatakan layak digunakan dengan hasil persentase 82% (Sangat Layak). Hasil uji coba menggunakan pre-test dan post-test menggunakan buku cerita bergambar berbasis kebudayaan lokal menunjukan persentase 63,99%. Dengan adaanya peningkatan ini dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar berbasis kebudayaan lokal cukup efektif untuk meningkatkan sikap peduli sosial siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Buku cerita bergambar, kebudayaan lokal, peduli sosial
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 18 Nov 2024 06:36
Perubahan Terakhir: 18 Nov 2024 06:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15738

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.