Pengembangan Media Puzzle Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN Ujung Tebu III

Salsabila, Shafira Intan (2024) Pengembangan Media Puzzle Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN Ujung Tebu III. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240022_COVER.pdf

Download (80kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240022_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (855kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240022_BAB 1.pdf

Download (480kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_201240022_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (165kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240022_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (372kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240022_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (775kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240022_BAB 5.pdf

Download (426kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240022_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media puzzle yang layak dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuaan membaca permulaan siswa kelas 1. Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan yang rendah. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Kesimpulanyang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa media puzzle yang dikembangkan termasuk dalam kriteria “Sangat Layak” dengan memperoleh skor 33 dari skor maksimal 35 sehingga isi materi pada media puzzle mendapatkan presentase 94%, penilaian dari dosen ahli media memperoleh skor 39 dari skor maksimal 45 dengan presentase 86%, selanjutnya penilaian dari guru kelas 1 memperoleh skor 24 dari nilai maksimal 25, penilaian dari guru kelas IV memperoleh skor 22 dari nilai maksimal 25 dengan presentase 88%, dan penilaian dari guru kelas V mendapatkan skor 21 dari skor tertinggi 25 dengan presentase 84%. Hal ini menunjukan bahwa media puzzle dikatakan layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media puzzle, Kemampuan membaca permulaan, ADDIE
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 05 Nov 2024 07:00
Perubahan Terakhir: 05 Nov 2024 07:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15628

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.