Pengaruh ROA terhadap Market Share pada Perusahaan Asuransi Syariah (Studi kasus Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di AASI tahun 2018 – 2022)

Hafiz, Alphard Saladin (2024) Pengaruh ROA terhadap Market Share pada Perusahaan Asuransi Syariah (Studi kasus Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di AASI tahun 2018 – 2022). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_201430012_Cover.pdf

Download (303kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_201430012_Lampiran Depan.pdf

Download (736kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_201430012_BAB I.pdf

Download (736kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_AS_201430012_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (711kB)
[img] Teks
S_AS_201430012_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (632kB)
[img] Teks
S_AS_201430012_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (620kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_201430012_BAB V.pdf

Download (438kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_201430012_Daftar Pustaka.pdf

Download (450kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Industri asuransi syariah telah menjadi salah satu sektor yang berkembang pesat dalam perekonomian global. Selama beberapa dekade terakhir, asuransi syariah telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dan telah menjadi salah satu komponen utama dalam industri keuangan syariah. Laporan keuangan merupakan salah satu informasi terpenting dalam menilai perkembangan suatu perusahaan dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk menilai kondisi keuangan. Analisis rasio dapat dikategorikan ke dalam berbagai jenis, seperti rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah Return On Assets (ROA) berpengaruh terhadap Market Share pada perusahaan Asuransi Syariah Umum Syariah yang terdaftar di Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) tahun 2018 – 2022 ? 2) Seberapa besar pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap Market Share ang terdaftar di Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) tahun 2018 – 2022 ? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui apakah Return On Assets (ROA) berpengaruh terhadap Market Share pada perusahaan Asuransi Umum Syariah yang terdaftar di Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) Tahun 2018-2022. Dan 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap Market Share pada perusahaan Asuransi Umum Syariah yang terdaftar di Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) Tahun 2018- 2022. Metodologi penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji Parsial (Uji t), koefisien determinasi (R2 ). Adapun data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website resmi perusahaan Asuransi Umum Syariah di Indonesia. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa ROA tidak berpengaruh dengan Market Share dengan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 2,6% yang artinya secara parsial Return On Assets berpengaruh sedikit untuk Market Share dan bahwa nilai thitung = 0.865 < 1.7011 = ttabel, dan sig = 0.394 > 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa ROA tidak berpengaruh terhadap Market Share.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Asuransi Syariah, Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), Rasio Profitabilitas, Return On Assets (ROA), Market Share
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Okt 2024 03:13
Perubahan Terakhir: 24 Okt 2024 03:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15560

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.