Analisis Homesickness pada Santriwati dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling (Studi di Pondok Pesantren As-Syifa Cikadu, Desa Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang)

Shafitri, Ade Irma (2024) Analisis Homesickness pada Santriwati dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling (Studi di Pondok Pesantren As-Syifa Cikadu, Desa Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_181520026_Cover.pdf

Download (200kB)
[img] Teks
S_BKI_181520026_Lampiran Depan.pdf

Download (412kB)
[img] Teks
S_BKI_181520026_Bab I.pdf

Download (189kB)
[img] Teks
S_BKI_181520026_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (243kB)
[img] Teks
S_BKI_181520026_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (197kB)
[img] Teks
S_BKI_181520026_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (302kB)
[img] Teks
S_BKI_181520026_Bab V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_BKI_181520026_Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB)

Abstrak

Homesickness adalah perasaan tidak bahagia karena jauh dari rumah dan sangat merindukan keluarga, teman dan rumah. Keadaan jauh dari rumah menjadi salah satu faktor santriwati mengalami homesickness. Homesickness yang dialami santriwati berdampak negatif seperti kesedihan yang berlarut, perasaan yang menjadi lebih sensitif, perubahan suasana hati, sulit fokus pada suatu hal, dan pola makan yang tidak teratur. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui gambaran kondisi homesickness pada santriwati (2) untuk mengetahui faktor penyebab homesickness pada santriwati (3) implikasi keadaan homesickness terhadap layanan Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah sebelas santriwati yang sedang menempuh Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah As-Syifa Cikadu Indah Panimbang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan observasi. Metode keabsahan data adalah triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) homesickness pada santri ditunjukkan dengan gejala berupa menangis, tidak berselera makan, menyendiri, interaksi dengan teman berkurang, melamun, tidak fokus saat sekolah, dan kurang antusias mengikuti kegiatan di pondok pesantren. (2) Homesickness dipengaruhi beberapa faktor, yaitu tinggal jauh dari rumah, terpisah dari orang tua dan kesulitan beradaptasi di lingkungan baru. (3) Implikasi penelitian ini dalam bimbingan konseling adalah peneliti merekomendasikan kepada guru BK di MTs As-Syifa yang dinaungi Pondok Pesantren As-Syifa untuk memberikan layanan konseling individu dengan pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) kepada siswa-siswi yang mengalami homesickness dan membutuhkan dukungan sosial dari lingkungan sekitar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Homesickness, Santriwati, Pesantren
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Okt 2024 04:23
Perubahan Terakhir: 23 Okt 2024 07:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15548

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.