Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Produk Ammar Asuransi Jiwa Syariah: PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk (JMA Syariah)

Wahyudin, Wahyudin (2024) Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Produk Ammar Asuransi Jiwa Syariah: PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk (JMA Syariah). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AS_201430090_COVER.pdf

Download (239kB)
[img] Teks
S_AS_201430090_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (484kB)
[img] Teks
S_AS_201430090_BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Teks
S_AS_201430090_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (272kB)
[img] Teks
S_AS_201430090_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (244kB)
[img] Teks
S_AS_201430090_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (367kB)
[img] Teks
S_AS_201430090_BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Teks
S_AS_201430090_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk (JMA Syariah) untuk mengetahui apakah variabel relationship marketing berpengaruh signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan produk Ammar Asuransi Jiwa Syariah: PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk (JMA Syariah). Variabel yang diteliti yaitu Relationship Marketing (X), kepuasan pelanggan (Y1) dan loyalitas pelanggan (Y2). Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1). Apakah relationship marketing berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pelanggan?. 2). Apakah relationship marketing berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas pelanggan?. 3). Apakah kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas pelanggan?. 4). Apakah relationship marketing berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan secara tidak langsung melalui kepuasan pelanggan?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : 1). Menganalisis pengaruh relationship marketing terhadap peningkatan kepuasan pelanggan. 2). Menganalisis pengaruh relationship marketing terhadap peningkatan loyalitas pelanggan. 3). Menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap peningkatan loyalitas pelanggan. 4). Menganalisis pengaruh tidak langsung antara relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data SEM (Struktural Equation Modeling) melalui software SmartPLS versi 4, dimana pengukuran statistik digunakan untuk menganalisis variabel-variabel dalam penelitian dengan cara menggabungkan variabel satu dengan variabel lain agar dapat mengetahui, menjelaskan dan memprediksi tingkat ketergantungan variabel eksogen dan variabel endogen melalui variabel intervening. Kesimpulan dari pengujian hipotesis terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai pada path coefficient sebesar 0,817, terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai pada path coefficient sebesar 0,369, terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai pada path coefficient sebesar 0,509 dan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan antara relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan dengan nilai pada path coefficient sebesar 0,416.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): relationship marketing, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, produk ammar asuransi.
Subjek: 600 Teknologi > 650 Bisnis > 658 Umum manajemen > 658.8 Marketing
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 21 Okt 2024 04:19
Perubahan Terakhir: 21 Okt 2024 04:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15521

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.