شعر لأني أحبّك لفاروق جويدة (دراسة تحليلية سيميائية ريفاتير)

Rohmatun, Nurmila (2024) شعر لأني أحبّك لفاروق جويدة (دراسة تحليلية سيميائية ريفاتير). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_181360065_Cover.pdf

Download (172kB)
[img] Teks
S_BSA_181360065_Lampiran Depan.pdf

Download (531kB)
[img] Teks
S_BSA_181360065_BAB I.pdf

Download (800kB)
[img] Teks
S_BSA_181360065_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (757kB)
[img] Teks
S_BSA_181360065_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (225kB)
[img] Teks
S_BSA_181360065_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (637kB)
[img] Teks
S_BSA_181360065_BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Teks
S_BSA_181360065_Daftar Pustaka.pdf

Download (291kB)

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang analisis puisi karena aku mencintaimu karya faruq juwaidah,salah seorang penyair terkemuka dalam gerakan puisi arab kontemporer dimesir.penelitian ini dilakukan karena sulitnya memahami makna yang terdapat pada puisi tersebut.oleh karena itu digunakannya teori michael riffaterre sebagai objek formalnya.tujuan dari penggunaan teori semiotika riffaterre dalam mengkaji puisi karena aku mencintaimu untuk mengetahui makna dibalik ungkapan-ungkapan yang terdapat didalam puisi tersebut,kemudian disatukan maknanya sehingga pesan yang terdapat didalam puisi tersebut dapat tersampaikan dengan baik dan jelas. Metode analisis dalam teori semiotika Riffaterre terdiri dari pembacaan heuristik, pembacaan hermeneutika atau retroaktif: hipogram potensial,menentukan matriks, model, varian dan hipogram aktual. Pembacaan heuristik dilakukan untuk mengetahui arti kamus per kata dari setiap bait puisi. Tujuan dilakukan pembacaan heuristik adalah lebih memudahkan pemahaman peneliti akan bahasa yang digunakan dalam puisi. Kemudian menentukan ketidaklangsungan ekspresi dilakukan untuk mengetahui perubahan arti, penyimpangan arti dan penciptaan arti apa saja yang digunakan dalam puisi. Setelah itu dilakukan pembacaan hermeneutika yang merupakan hasil dari deskripsi hipogram potensial, penentuan matriks, model, varian dan hipogram aktual. Hasil yang didapatkan peneliti dalam penelitian ini adalah bahwasanya merupakan puisi yang mengekspresikan tentang kehidupan dan cinta ditengah kesulitan dan harapan. Hal tersebut terlihat dari pembacaan heuristik yang membuat pembacaan lebih mudah dipahami dari segi bahasa setelah dilakukan dan penentuan ketidaklangsungan ekspresi, akan Terlihat juga dari hipogram potensial dalam pembacaan hermeneutik yang menunjukkan penyair mengajak orang yang dicintainya untuk mendekat menegaskan cinta mereka dan menghadapi tantangan hidup bersama sebelum berpisah.kesadaraan akan kefanaan dan harapan untuk masa depan yang lebih baik,penyair juga menunjukkan ditengah kritik dan rintangan,mengisyaratkan bahwa meskipun jalan menuju impian panjang dan sulit,ada keindahan dan harapan yang terus menyala.kemudian model yang terdapat pada dua frasa yaitu : aku mencitaimu dan kemarilah,kemudian matriks yang terdapat pada puisi karena aku mencintaimu adalah sebuah perjalanan kehidupan ditengah kesulitan dan harapan,adapun varian yang terdapat dalam puisi pada bait 1 baris 2-3,bait 2 baris 13,14,19,bait 4 baris 62. hipogram potensial yang terdapat pada puisi yaitu konsep tentang keabadian, kerinduan, pengorbanan dan harapan.sedangkan hipogram aktual terdapat pada kalimat kemarilah,aku mencintaimu, zaman yang penuh tantangan, darah yang bercucuran,purnama yang indah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): semiotika riffaterre,puisi karena aku mencintaimu
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Okt 2024 03:55
Perubahan Terakhir: 21 Okt 2024 03:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15520

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.