Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Tajhizul Janaiz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kelas X MA Nurul Huda Baros Kab. Serang)

Ridwan, Ridwan (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Tajhizul Janaiz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kelas X MA Nurul Huda Baros Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_171210130_Cover.pdf

Download (85kB)
[img] Teks
S_PAI_171210130_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_171210130_BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Teks
S_PAI_171210130_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (596kB)
[img] Teks
S_PAI_171210130_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (495kB)
[img] Teks
S_PAI_171210130_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_171210130_BAB V.pdf

Download (254kB)
[img] Teks
S_PAI_171210130_Daftar Pustaka.pdf

Download (263kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan : 1) mengetahui pemanfaatan smartphone sebagai media edukasi yang praktis di era revolusi industri 4.0 di MA Nurul Huda pada materi tajhizul janaiz kelas X.; 2)mengetahui motivasi belajar siswa kelas X sebelum menggunakan modul pembelajaran berbasis aplikasi android di MA Nurul Huda Baros; 3) mengetahui hasil pengembangan modul pembelajaran berbasis aplikasi android Penelitian dilakukan di MA Nurul Huda Baros Kab.Serang. Metode penelitian yang digunakan yaitu research and development dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) dengan melibatkan 21 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemudian dilakukan analisis dengan mengubah rata-rata skor ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran yang praktis di era revolusi industri 4.0 di MA Nurul Huda Baros belum dioptimalkan. 2) Sebelum penggunaan modul pembelajaran berbasis aplikasi android, motivasi belajar siswa kelas X dikategorikan rendah. 3) Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu aplikasi android dengan format .apk dan memiliki ukuran sebesar 23 MB serta telah diuji coba kelayakan oleh ahli media dengan perolehan skor rata-rata yaitu 92,64% dengan kategori “sangat layak”. Sedangan oleh ahli materi didapatkan skor rata-rata yaitu sebesar 85% dengan kategori “sangat layak”. Serta dilakukan uji coba kepada peserta didik dan memperoleh skor rata-rata sebesar 82,5% dengan kategori “sangat layak”. Sehingga secara keseluruhan modul pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan.Selain itu, penggunaan modul pembelajaran berbasis aplikasi android dapat motivasi belajar siswa mendapatkan skor sebesar “78%” dan dikategorikan tinggi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Modul Pembelajaran, Media Pembelajaran, Android, Fiqih Tajhizul Janaiz, Motivasi Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Okt 2024 04:07
Perubahan Terakhir: 15 Okt 2024 04:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15484

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.