Internalisasi Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Banjar Agung 1

Nurzuliansyah, Hadi (2024) Internalisasi Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Banjar Agung 1. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210058_Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_PAI_191210058_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_191210058_BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Teks
S_PAI_191210058_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (704kB)
[img] Teks
S_PAI_191210058_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (369kB)
[img] Teks
S_PAI_191210058_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (567kB)
[img] Teks
S_PAI_191210058_BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Teks
S_PAI_191210058_Daftar Pustaka.pdf

Download (402kB)

Abstrak

Data dan fakta menunjukkan banyaknya kasus intoleransi yang terjadi di lembaga pendidikan khususnya pada sekolah dasar di Indonesia. Dengan demikian maka dibutuhkan solusi atas keniscayaan keberagaman yang menciptakan suasana keharmonisan dalam menjalankan kehidupan bernegara dan beragama dengan moderasi beragama. Sekolah menjadi medan arena utama dalam meneguhkan nilai-nilai pancasila dan moderasi beragama. Salah satu langkah tepat untuk meneguhkan nilai-nilai tersebut adalah melalui Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan internalisasi nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SDN Banjar Agung 1, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan internalisasi nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SDN Banjar Agung 1, 3) Mendeskripsikan hasil internalisasi nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SDN Banjar Agung 1. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian field research yaitu peneliti langsung datang ke tempat penelitian yang berlokasi di SDN Banjar Agung 1 melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan internalisasi nilainilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SDN Banjar Agung 1 yaitu koordinasi antara sekolah dengan dinas pendidikan; menentukan program sesuai kurikulum sekolah, merumuskan materi untuk sosialisasi moderasi beragama ke seluruh warga sekolah, merumuskan perencanaan perangkat pembelajaran PAI, 2) Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SDN Banjar Agung 1 yaitu penanaman dan penguatan cara pandang, pola pikir dan praktik moderasi beragama, pengembangan KI bermuatan moderasi beragama, penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada materi pembelajaran PAI, morning greetings, 3) Hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SDN Banjar Agung 1 yaitu pemahaman dan sikap moderat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Internalisasi, Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Pembelajaran PAI
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Okt 2024 03:59
Perubahan Terakhir: 14 Okt 2024 03:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15477

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.