Penggunaan Aksara Pegon dalam Pembelajaran Kitab Fiqih Ubudiyah di Pondok Pesantren Jariyatul Islamiyah Curug Kota Serang

Addaruri, Muhammad Tajudin (2024) Penggunaan Aksara Pegon dalam Pembelajaran Kitab Fiqih Ubudiyah di Pondok Pesantren Jariyatul Islamiyah Curug Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210100_Cover.pdf

Download (103kB)
[img] Teks
S_PAI_191210100_Lampiran Depan.pdf

Download (779kB)
[img] Teks
S_PAI_191210100_BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Teks
S_PAI_191210100_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_191210100_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (431kB)
[img] Teks
S_PAI_191210100_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (489kB)
[img] Teks
S_PAI_191210100_BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Teks
S_PAI_191210100_Daftar Pustaka.pdf

Download (283kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mencari tahu bagaimana bentuk penggunaan aksara pegon dalam memahami dan mempelajari kitab fiqih ubudiyah di Pondok Pesantren Jariyatul Islamiyah. Secara umum, aksara pegon ini sangatlah penting di pelajari bagi santri, sebab dalam proses pembelajaran kitab dalam mengkaji fiqih ubudiyah ini tidak terlepas dari kata memaknai atau menterjemahkan. Biasanya dalam proses pembelajaran ini menggunakan tulisan pegon. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan pendekatan Empiris, pendekatan yang digunakan untuk menggambarkan kondisi di lapangan secara langsung yang menghasilkan data apa adanya dengan menggunakan wawancara serta observasi penelitian terhadap objek yang sudah ditargetkan. Adapun teknik pengumpulan data yang berhasil dilakukan dengan cara tiga hal, yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yang peneliti pilih dalam penelitian ini adalah ustadz dan ustadzah dewan pengajar dan pengurus pondok pesantren Jariyatul Islamiyah, dan para santri. Hasil dari penelitian tersebut telah peneliti cantumkan di bab ke empat dalam skripsinya. Telah dipaparkan didalamnya, bahwasanya pada proses pembelajaran aksara pegon terdapat tiga tahapan, yakni tahap pengenalan, tahap persiapan, dan tahap pembelajaran. Dari hasil bukti-bukti data yang didapatkan, pembelajaran aksara pegon ini dapat menghasilkan efektifitas dalam proses pembelajaran kitab kuning, sehingga dapat membantu dalam memahami keilmuan yang terkandung didalamnya, khususnya pada ilmu fiqih ubudiyah, keberhasilan tersebut dapat dibuktikan dengan adanya prestasi baik akademik ataupun non akademik. Sementara itu, dalam pembelajaran ini terdapat tantangan dan kendala yang didapati, seperti butuh waktu yang lama dalam menunjang proses belajar dan mengajar dan memerlukan tenaga pengajar yang banyak dan pandai.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penggunaan, Pembelajaran Aksara Pegon, Kitab Kuning
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Okt 2024 08:11
Perubahan Terakhir: 11 Okt 2024 08:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15469

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.