Analisis Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi di SMP Negeri 1 Karang Tanjung Pandeglang)

Ramadhana, Muhamad Fadlan (2024) Analisis Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi di SMP Negeri 1 Karang Tanjung Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI _191210184_Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Teks
S_PAI _191210184_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI _191210184_BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Teks
S_PAI _191210184_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (261kB)
[img] Teks
S_PAI _191210184_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (121kB)
[img] Teks
S_PAI _191210184_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (195kB)
[img] Teks
S_PAI _191210184_BAB V.pdf

Download (30kB)
[img] Teks
S_PAI _191210184_Daftar Pustaka.pdf

Download (113kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode project based learning dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam ketuntasan belajar pada Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Karang Tanjung Pandeglang. Dan manfaat dari penelitian ini adalah memberikan gambaran yang jelas mengenai efektivitas metode tersebut dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian kepada kelas IX B dan juga guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Karang Tanjung Pandeglang dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah model project based learning dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Hasil rata-rata nilai yang didapat di kelas IX B adalah 84,5, dengan nilai tertinggi 96. Selain itu, nilai terendah yang dicapai siswa adalah 72, menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar yang signifikan di kelas tersebut. Dari peneilitian ini dapat disimpulkan bahwa Metode project based learning telah terbukti menjadi pendekatan yang sangat relevan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Karang Tanjung Pandeglang dalam implementasi Kurikulum Merdeka . Selain itu penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan pendidik dalam menerapkan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif, sehingga mampu meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa secara keseluruhan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Project Based Learning, Model Pembelajaran, Kurikulum Merdeka
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 10 Okt 2024 08:16
Perubahan Terakhir: 10 Okt 2024 08:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15464

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.