Implementasi Etika Bisnis Islam dan Transformasi Digital UMKM Kota Serang dalam Mendukung Ketercapaian Sustainable Development Goals

Hudaibie, Amira (2024) Implementasi Etika Bisnis Islam dan Transformasi Digital UMKM Kota Serang dalam Mendukung Ketercapaian Sustainable Development Goals. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_181410210_Cover.pdf

Download (119kB)
[img] Teks
S_ES_181410210_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_ES_181410210_BAB I.pdf

Download (553kB)
[img] Teks
S_ES_181410210_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (683kB)
[img] Teks
S_ES_181410210_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (326kB)
[img] Teks
S_ES_181410210_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (585kB)
[img] Teks
S_ES_181410210_BABV.pdf

Download (192kB)
[img] Teks
S_ES_181410210_Daftar Pustaka.pdf

Download (393kB)

Abstrak

Tingginya angka kemiskinan dan angka pengangguran di Kota Serang menjadi fenomena yang memprihatinkan. Hal itu membuktikan permasalahan yang dihadapi di Kota Serang yaitu bagaimana mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Salah satunya dengan penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), tujuan dan sasaran pembangunan di Kota Serang khususnya pencapaian atas terjalinnya hubungan kerjasama antara Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pemerintah, melalui inovasi teknologi yang akan mampu mendukung perekonomian daerah melalui ekonomi digital. Berdasarkan latar belakang permasalahan yang dikemukakan diatas maka peneliti membuat rumusan masalah, apakah transformasi digital Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Serang berdampak terhadap ketercapaian Sustainable Development Goals, bagaimana implementasi etika bisnis Islam terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Serang dalam mendukung ketercapaian Sustainable Development Goals. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana dampak transformasi digital dan implementasi etika bisnis Islam terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Serang dalam mendukung ketercapaian Sustainable Development Goals. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dimana hasil data analisa menunjukan adanya dampak dari transformasi digital dan implementasi etika bisnis Islam terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Serang dalam mendukung ketercapaian Sustainable Development Goals. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Mayoritas pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Serang melakukan inovasi teknologi, yang mampu mengubah cara mereka hidup, bekerja, dan berinteraksi, serta memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi di Kota Serang. Dengan demikian dampak penggunaan teknologi sebagai media promosi berpengaruh besar terhadap ketercapaian Sustainable Development Goals salah satunya yaitu menghapus kemiskinan. Karena dengan begitu, banyak pelaku usaha yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang membutuhkan. 2) Pada aspek implementasi etika bisnis Islam, sikap jujur, saling tolong menolong, tidak curang, menjual barang yang halal dan baik, serta tidak menyembunyikan kecacatan produk yang di jual telah diterapkan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Serang. Sehingga dalam penerapan etika bisnis Islam menunjukan pengaruh yang baik dalam berbisnis.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Etika Bisnis, Transformasi Digital, UMKM, Sustainable Development Goals
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 09 Okt 2024 08:43
Perubahan Terakhir: 09 Okt 2024 08:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15462

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.