Kontroversi Penafsiran Al-Qur'an Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Zaytun Kabupaten Indramayu)

Alfiansyah, M.Rizki (2024) Kontroversi Penafsiran Al-Qur'an Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Zaytun Kabupaten Indramayu). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_201320001_Cover.pdf

Download (153kB)
[img] Teks
S_IAT_201320001_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_201320001_Bab I.pdf

Download (519kB)
[img] Teks
S_IAT_201320001_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (422kB)
[img] Teks
S_IAT_201320001_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (283kB)
[img] Teks
S_IAT_201320001_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (567kB)
[img] Teks
S_IAT_201320001_Bab V.pdf

Download (197kB)
[img] Teks
S_IAT_201320001_Daftar Pustaka.pdf

Download (526kB)

Abstrak

Skripsi ini akan membahas tentang kontroversi Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang di Pondok Pesantren Al-Zaytun Kabupaten Indramayu. Pada kepemimpinan Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang akhir-akhir ini menuai banyak kontroversi dikarenakan penafsiran dan pernyataan yang diungkapkan di pusat Pendidikan tersebut bertentangan dengan hukum- hukum dan ajaran agama Islam. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pola pemikiran Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang mengenai Al-Qur'an? 2) Bagaimana Penafsiran Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang terhadap ayat- ayat Al-Qur'an? 3) Bagaimana pandangan para ulama terhadap penafsiaran Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang yang kontroversi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis content analisis yaitu metode yang melibatkan analisis repsensasi tekstual atau simbolik yang ditemukan dalam suatu dokumen. Selain itu, jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kepustakaan dengan melakukan penelahan terhadap buku pengetahuan, dokumen, majalah, dan karya ilmiah lainnya. Tujuannya untuk membantu penulis dalam menyelesaikan atau menjawab permasalahan yang telah dikemukakan. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pemahaman pola pemikiran Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang mengenai Al-Qur'an dipengaruhi oleh paham atau ajaran Negara Islam Indonesia (NII), dan Panji Gumilang kerap sekali menafsirkan Al-Qur'an dengan pendapatnya sendiri tanpa keimuwan yang mendukung, 2) Penafsiran Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang sangat bertentangan dengan hukum-hukum dan ajaran agama Islam, 3) dari hasil wawancara kepada para tokoh agama (ulama), penulis menemukan kesepakatan para ulama menyatakan bahwa penafsiaran dan pernyataan Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang sangat bertentangan dengan Al-Qur'an dan Al-Hadits serta ahli ilmi. Saran penulis dalam penelitian ini bagi masyarkat untuk lebih hati-hati dalam memilih tempat menimba ilmu untuk anaknya serta harus lebih cerdas dalam memilih guru untuk bimbingan ibadah kepada Allah SWT. Bagi para pihak yang berwajib untuk lebih tegas dan sigap dalam menangani kasus penyimpangan ajaran agama agar tidak tersebar luas dan menimbulkan dampak negatif kepada masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penafsiran Kontroversi, Abdussalam Panji Gumilang, Al- Zaytun
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 09 Okt 2024 06:52
Perubahan Terakhir: 09 Okt 2024 06:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15454

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.