Analisis Perilaku Konsumtif Impulsive Buying pada Kalangan Remaja Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah

Zahra, Intan Nuran Azyra (2024) Analisis Perilaku Konsumtif Impulsive Buying pada Kalangan Remaja Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_201410129_Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Teks
S_ES_201410129_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_ES_201410129_Bab I.pdf

Download (200kB)
[img] Teks
S_ES_201410129_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (255kB)
[img] Teks
S_ES_201410129_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (98kB)
[img] Teks
S_ES_201410129_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (276kB)
[img] Teks
S_ES_201410129_Bab V.pdf

Download (10kB)
[img] Teks
S_ES_201410129_Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis tentang perilaku konsumtif impulsive buying pada remaja di Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang ditandai dengan pola pembelian spontan, kurang terencana, kurang melakukan pertimbangan dan tidak memikirkan resiko. Perumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perilaku konsumtif impulsive buying remaja Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang dari segi fashion (gaya berpakaian), food (makanan), dan fun (hiburan)?, 2) Bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap perilaku konsumtif impulsive buying remaja Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang dari segi fashion (gaya berpakaian), food (makanan), dan fun (hiburan)? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis perilaku konsumtif impulsive buying remaja Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang dari segi fashion (gaya berpakaian), food (makanan), dan fun (hiburan), 2) Untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap perilaku konsumtif impulsive buying remaja Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang dari segi fashion (gaya berpakaian), food (makanan), dan fun (hiburan). Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), menggunakan beberapa informan dalam melakukan wawancara dan observasi dengan cara purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang didapat dari informan yaitu orang yang kita gunakan sebagai objek penelitian atau sebagai sumber informasi dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari studi kepustakaan untuk melengkapi data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: Para remaja Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang umumnya lebih cenderung mempunyai perilaku konsumtif dibanding yang tidak berdasarkan dari ketiga bentuk perilaku konsumtif yaitu dari segi makanan (food), dari segi belanja pada keperluan penampilan (fashion), dan dari segi hiburan (fun). Kedua: Tinjauan ekonomi Islam belum sepenuhnya digunakan dengan baik oleh para remaja, hal ini menunjukkan bahwa para remaja ini menghabiskan beberapa uangnya untuk membeli sesuatu hanya atas dasar keinginan semata. Para remaja sering membeli barang yang tidak dibutuhkan, membeli makanan lalu tidak menghabiskannya, bersikap boros hanya untuk kesenangan. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang khususnya bagi para remaja untuk menerapkan kebiasaan konsumsi yang diajarkan oleh agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Perilaku Konsumtif, Impulsive Buying, Remaja
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 08 Okt 2024 03:52
Perubahan Terakhir: 08 Okt 2024 03:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15445

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.