Dampak Wisata Religi terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Tahun 2023 (Studi pada Masyarakat di Sekitar Masjid Agung Banten)

Samhah, Samhah (2024) Dampak Wisata Religi terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Tahun 2023 (Studi pada Masyarakat di Sekitar Masjid Agung Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_1914101136_Cover.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_1914101136_Lampiran Depan.pdf

Download (799kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_1914101136_BAB I.pdf

Download (357kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_1914101136_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (585kB)
[img] Teks
S_ES_1914101136_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (455kB)
[img] Teks
S_ES_1914101136_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (497kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_1914101136_BAB V.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_1914101136_Daftar Pustaka.pdf

Download (272kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Wisata religi merupakan bagian dari wisata budaya atau lebih dikenal oleh umat muslim sebagai wisata ziarah mengunjungi tempat yang memiliki nilai-nilai sejarah Islam. Wisata religi yang ada di Banten salah satunya wisata Masjid Agung Banten yang terletak di Kelurahan Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman masyarakat sekitar dalam memanfaatkan peluang dengan adanya wisata di daerah tersebut, peluang usaha banyak diambil oleh penduduk luar daerah Banten, dan masih banyak masyarakat yang merupakan keluarga pra sejahtera. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh wisata religi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat disekitar lingkungan Masjid Agung Banten? (2) Seberapa besar pengaruh wisata religi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat disekitar Masjid Agung Banten? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh wisata religi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat disekitar lingkungan Masjid Agung Banten dan (2) menganalisis seberapa besar pengaruh wisata religi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat disekitar lingkungan Masjid Agung Banten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif dan kausalitas yang mencakup aspek, sumber data primer; teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi, uji validitas, uji realiabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Sampel yang digunakan adalah sebagian masyarakat di Kelurahan Banten dengan teknik pengambilan accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wisata religi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat yang dapat dilihat dari hasil uji t dengan nilai thitung sama dengan 5,468 (thitung 5,468 > ttabel 1,97), hal ini sesuai dengan kriteria jika thitung > ttabel berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, dapat dilihat dari tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, menjelaskan besarnya nilai koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,076. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,076 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel wisata religi terhadap variabel peningkatan ekonomi masyarakat adalah hanya sebesar 7,6%, dan sisanya 92,4% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Wisata Religi, Masjid Agung Banten, Peningkatan Ekonomi Masyarakat
Subjek: 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 08 Okt 2024 02:21
Perubahan Terakhir: 08 Okt 2024 02:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.