Afifah, Siti Wardatul (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual pada Materi Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240047_Cover.pdf Download (3MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240047_Lampiran Depan.pdf Download (922kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240047_Bab I.pdf Download (252kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240047_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (401kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240047_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (369kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240047_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (962kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240047_Bab V.pdf Download (159kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240047_Daftar Pustaka.pdf Download (338kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran audio visual pada materi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) muatan IPA kelas VI serta untuk menguji kelayakan dan keefektifan media tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya ketertarikan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA karena kurangnya penerapan media pembelajaran, hal tersebut mengakibatkan pencapaian hasil belajar IPA peserta didik kurang dari KKM. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Produk media pembelajaran audio visual yang sudah melalui tahap ADDIE (2) Kelayakan media pembelajaran audio visual memperoleh nilai presentse 86% dari dua dosen ahli media, 86% dari dosen ahli materi pertama dan 90% dari dosen ahli materi kedua. Berdasarkan penilaian tersebut maka media pembelajaran media audio visual ini termasuk pada kategori “sangat layak” (3) keefektifan media pembelajaran audio visual ini dilihat dari hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest memperoleh rata-rata N-Gain mencapai 0,76 masuk pada kriteria tinggi dan memperoleh presentase N-Gain 76,40%. Dari perolehan hasil skor tersebut maka dapat dikatakan efektif karena telah mencapai syarat kriteria yang ditetapkan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar, IPA |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 07 Okt 2024 07:30 |
Perubahan Terakhir: | 07 Okt 2024 07:30 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15424 |
Actions (login required)
Lihat Item |