Ad-Dakhīl Fī At-Tafsīr pada Kisah Nabi Yūsuf (Analisis Isrā‟īliyāt dalam Tafsīr Ma„ālim At-Tanzīl Karya Al-Baghawī)

Ummah, Nur (2024) Ad-Dakhīl Fī At-Tafsīr pada Kisah Nabi Yūsuf (Analisis Isrā‟īliyāt dalam Tafsīr Ma„ālim At-Tanzīl Karya Al-Baghawī). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_201320022_Cover.pdf

Download (577kB)
[img] Teks
S_IAT_201320022_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_201320022_Bab I.pdf

Download (671kB)
[img] Teks
S_IAT_201320022_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (844kB)
[img] Teks
S_IAT_201320022_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (682kB)
[img] Teks
S_IAT_201320022_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_201320022_Bab V.pdf

Download (211kB)
[img] Teks
S_IAT_201320022_Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstrak

Menurut Muhammad Ulinnuha, tafsir adalah hasil dari pemikiran manusia, sehingga kesalahan atau penyimpangan pada tafsir merupakan sesuatu yang tidak terhindarkan. Bentuk penyimpangan tersebut kemudian disebut dengan ad-Dakhīl. Ad-Dakhīl merupakan penafsiran yang tidak memiliki dasar yang ilmiah dan valid, baik dari Al-Qur'an, hadis ṣahīh, pandangan sahabat dan tabi'in, atau pun dari akal sehat yang memenuhi standar dan persyaratan ijtihad. Salah satu bentuk ad-Dakhīl adalah kisah isrā’īliyāt. Banyak sekali kitab tafsir yang mengandung kisah isrā’īliyāt, terutama tafsir yang bersumber bi al-Ma‘ṡūr misalnya kitab Tafsīr Ma‘ālim At-Tanzīl Karya Al-Baghawī. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana pandangan teoritis mengenai ad-Dakhīl fī at-Tafsīr, kedua, bagaimana penafsiran Al-Baghawī terhadap ayat-ayat tentang kisah Nabi Yūsuf dan ketiga, bagaimana analisis ad Dakhīl fī at-Tafsīr terkait isrā’īliyāt pada kisah Nabi Yūsuf dalam tafsir Ma‘ālim at Tanzīl, sehingga tujuan dari skripsi ini adalah: pertama, untuk mengetahui pandangan teoritis mengenai ad-Dakhīl fī at-Tafsīr, kedua, untuk mengetahui penafsiran Al-Baghawī tentang ayat-ayat Kisah Nabi Yūsuf dan ketiga, untuk mengetahui ad-Dakhīl fī at-Tafsīr terkait isrā’īliyāt pada kisah Nabi Yūsuf dalam tafsir Ma‘ālim at-Tanzīl. Untuk menjawab inti permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan sumber data primer berupa kitab Ma’ālim at-Tanzīl karya Al-Baghawī dan sumber sekundernya adalah jurnal, kitab dan buku yang mendukung penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Al-Baghawī ketika menafsirkan ayat ayat tentang kisah Nabi Yūsuf sering menggunakan riwayat terdahulu dan setelah diteliti riwayat tersebut termasuk ad-Dakhīl karena berupa kisah isrā’īliyāt. Kemudian setelah menganalisis 5 ayat dalam Surah Yūsuf, teridentifikasi sekitar 9 tema terkait kisah Nabi Yūsuf yang dijelaskan melalui riwayat isrā’īliyāt. Dari 9 tema tersebut ditemukan 19 riwayat dan hasilnya 6 riwayat tidak dapat diterima (mardūd), dan 13 riwayat dibiarkan (tawaqquf).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Ad-Dakhīl, isrā‟īliyāt, kisah Nabi Yūsuf dan Tafsīr Ma‟ālim at Tanzīl
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 07 Okt 2024 07:02
Perubahan Terakhir: 07 Okt 2024 07:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15420

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.