Pengembangan Media Multiply Cards Bergambar Budaya Lokal Banten Pada Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Putri, Annisa Herlaeni (2024) Pengembangan Media Multiply Cards Bergambar Budaya Lokal Banten Pada Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_191240073_COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240073_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (856kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240073_BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240073_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (373kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240073_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (373kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240073_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (982kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240073_BAB 5.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240073_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan serta kelayakan dari media Multiply Cards bergambar budaya lokal dalam proses pembelajaran operasi hitung perkalian dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian dilakukan pada Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan dengan menggunakan procedural pengembangan model ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu 5 desain intruksional yakni Analysis (analisis kebutuhan), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Validasi produk pada penelitian ini yakni dilihat dari analisis angket validator dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase kelayakan 88,6 dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian hasil validasi yang dilakukan ahli materi diperoleh persentase kelayakan 86,5 dengan kategori “Sangat Layak”. Selain uji coba kelayakan oleh para ahli selanjutnya diujicobakan kepada peserta didik kelas V SDN Petir 1. Berdasarkan hasil uji coba produk diperoleh respon peserta didik dengan persentase 83,5% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain Score yang dilakukan terhadap hasil pretest dan postest peserta didik diperoleh hasil peningkatan belajar berada pada kategori tinggi dimana diperoleh skor N-gain = 0,71 < 0,7sehingga dapat disimpulkan penggunaan media Multiply Card berpengaruh tinggi dan efektif terhadap peningkatan hasil belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Multiply Card, Operasi Hitung Bilangan Pecahan, Hasil Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 30 Sep 2024 04:50
Perubahan Terakhir: 30 Sep 2024 04:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15356

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.