Evaluasi Program Jum’at Berkah Dalam Mengembangkan Iman dan Taqwa Peserta Didik Dengan Menggunakan Model CIPP (Studi di YPI Nurul Muttaqien Kec. Tigaraksa Kab. Tangerang Prof. Banten)

Hirani, Siti Safrila (2024) Evaluasi Program Jum’at Berkah Dalam Mengembangkan Iman dan Taqwa Peserta Didik Dengan Menggunakan Model CIPP (Studi di YPI Nurul Muttaqien Kec. Tigaraksa Kab. Tangerang Prof. Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210115_COVER.pdf

Download (124kB)
[img] Teks
S_PAI_201210115_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (397kB)
[img] Teks
S_PAI_201210115_BAB I.pdf

Download (613kB)
[img] Teks
S_PAI_201210115_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (840kB)
[img] Teks
S_PAI_201210115_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (349kB)
[img] Teks
S_PAI_201210115_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (762kB)
[img] Teks
S_PAI_201210115_BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Teks
S_PAI_201210115_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Jum’at berkah dalam mengembangkan iman dan taqwa peserta didik kelas X di YPI Nurul Muttaqien, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Program Jum’at berkah merupakan salah satu upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas spiritual peserta didik melalui berbagai kegiatan keagamaan yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode evaluatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas X, guru, dan pengelola program. Analisis data dilakukan dengan mengikuti tahapan model CIPP untuk mengevaluasi konteks, input, proses, dan produk dari program tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Context: Program Jum’at Berkah sesuai dengan kebutuhan spiritual peserta didik dan didukung oleh visi misi sekolah yang berfokus pada pembentukan karakter islami; 2) Input: Sumber daya yang digunakan, termasuk materi, tenaga pengajar, dan fasilitas, cukup memadai untuk mendukung pelaksanaan program; 3) Process: Pelaksanaan kegiatan berjalan lancar meskipun terdapat beberapa kendala teknis seperti keterbatasan waktu dan variasi metode yang perlu ditingkatkan; 4) Product: Program ini berhasil meningkatkan pemahaman agama, keimanan, dan ketakwaan peserta didik, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan dalam hal konsistensi pelaksanaan dan evaluasi berkelanjutan. Secara keseluruhan, program Jum’at berkah di YPI Nurul Muttaqien efektif dalam mengembangkan iman dan taqwa peserta didik kelas X. Namun, beberapa rekomendasi diberikan untuk meningkatkan program ini, termasuk peningkatan pelatihan bagi tenaga pengajar, penambahan variasi kegiatan, dan evaluasi rutin untuk memastikan program berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Evaluasi Program, Jum’at Berkah, Iman dan Taqwa, Model CIPP
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 27 Sep 2024 04:26
Perubahan Terakhir: 27 Sep 2024 04:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15338

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.