Penerapan Teknik Assertive Training Untuk Konsep Diri Positif Pada Mahasiswa

Yulianti, Eneng Nani (2024) Penerapan Teknik Assertive Training Untuk Konsep Diri Positif Pada Mahasiswa. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_171340135_COVER.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_BKI_171340135_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (525kB)
[img] Teks
S_BKI_171340135_BAB 1.pdf

Download (283kB)
[img] Teks
S_BKI_171340135_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (349kB)
[img] Teks
S_BKI_171340135_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (261kB)
[img] Teks
S_BKI_171340135_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (314kB)
[img] Teks
S_BKI_171340135_BAB 5.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_BKI_171340135_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstrak

Permasalahan remaja terkait dengan konsep diri meliputi proses pencarian identitas yang dilakukan oleh seseorang, di mana pencarian identitas yang dilakukan melalui proses untuk mendekatkan diri dengan orang lain atau kelompok masyarakat tertentu. Masa remaja dapat dipandang sebagai suatu masa dimana individu dalam proses pertumbuhannya (terutama fisik) telah mencapai kematangan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi konsep diri positif pada mahasiswa? 2) Bagaimana penerapan teknik Asserrtive Training untuk meningkatkan konsep diri positif pada mahasiswa? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan teknik Asserrtive Training untuk meningkatkan konsep diri positif pada mahasiswa? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kondisi konep diri pada mahasiswa UIN 2) Untuk mengetahui penerapan teknik Asserrtive Training untuk meningkatkan konsep diri positif pada mahasiswa 3) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan teknik Asserrtive Training untuk meningkatkan konsep diri positif pada mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dengan responden berjumlah 5 orang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Pada kelima responden tersebut dapat disimpulkan bahwa mereka memiliki kesamaan pada salah satu indikator dari konsep diri positif. 2) Bedasarkan hasil penerapan konseling individu yang dilakukan antara peneliti dengan 5 konseli, terkait permasalahan yang dihadapi responden penerapan teknik asertif dalam konsep diri positif, kelima responden tersebut secara garis besar secara signifikan terlihat mengalami perubahan. 3) Faktor pendukung proses penerapan teknik asertif, di antaranya: kemampuan komunikasi, adanya kesediaan dan kemauan dari responden untuk mengikuti proses penerapan teknik asertif hingga selesai. Faktor penghambat proses penerapan teknik asertif, di antaranya: waktu yang terbatas, kurangnya kemampuan dan pengetahuan peneliti dalam mengeksplorasi kondisi konseli.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Asserrtive Training, Konsep Diri Positif, Teori, Praktik.
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 26 Sep 2024 04:44
Perubahan Terakhir: 26 Sep 2024 04:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15322

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.