Pengaruh Implementasi Digital Banking dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang)

Rohalia, Euis (2024) Pengaruh Implementasi Digital Banking dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_201420123_Cover.pdf

Download (422kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_201420123_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_201420123_BAB I.pdf

Download (518kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBS_201420123_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (674kB)
[img] Teks
S_PBS_201420123_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (693kB)
[img] Teks
S_PBS_201420123_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (698kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_201420123_BAB V.pdf

Download (243kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_201420123_Daftar Pustaka.pdf

Download (461kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat menimbulkan revolusi yang mengarah kepada Layanan Perbankan Digital. Layanan tersebut dirancang agar meningkatkan efisiensi kegiatan operasional dan kualitas layanan yang diberikan bank kepada nasabah. Namun, dalam era digital ada beberapa tantangan digitalisasi yang harus diwaspadai khususnya serangan siber ransomware. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah Digital Banking berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia?, 2) Apakah Kualitas Layanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh digital banking dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan data primer. Populasi penelitian ini yaitu nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang yang menggunakan digital banking dengan sampel sebanyak 98 responden. Sampel tersebut didapat menggunakan Simple Random Sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuisioner secara online, kemudian diolah data dengan bantuan software statistik yaitu SmartPLS versi 4. Analisis yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari uji pengukuran model (outer model) meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji pengukuran model (inner model) meliputi uji R-Square, uji Pradictive Relevance, uji GoF, dan terakhir uji hipotesis. Hasil penelitian yang didapat menyatakan bahwa meskipun dengan adanya berbagai inovasi dalam produk perbankan digital, hal itu tidak membuat adanya kepuasan nasabah tetapi kepuasan nasabah didapatkan dari kualitas layanan yang diberikan bank kepada nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang. Dikarenakan variabel digital banking tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan nilai T statistic sebesar 0.363 kurang dari level signifikansi yang ditetapkan >1.96 dan P-valuieis seibeisar 0.717 leibih beisar dari leiveil signifikansi yang diteitapkan seibeisar <0.05. Berbeda dengan variabel kualitas layanan yang terdapat pengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang. Hal ini dibuktikan dengan hasil uiji hipoteisis deingan nilai T-statictic seibeisar 11.172 leibih beisar dari leiveil signifikansi yang diteitapkan >1.96 dan nilai P-valuieis seibeisar 0.000 leibih keicil dari leiveil signifikansi yang diteitapkan seibeisar <0.05.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Digital Banking, Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 20 Sep 2024 09:34
Perubahan Terakhir: 20 Sep 2024 09:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15300

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.