Pengaruh Pembelajaran Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Jariyatul Islamiyah Curug Serang

Nabawi, Abu Daffa Hasan (2024) Pengaruh Pembelajaran Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Jariyatul Islamiyah Curug Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210082_Cover.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210082_Lampiran Depan.pdf

Download (584kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210082_Bab I.pdf

Download (500kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_191210082_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (626kB)
[img] Teks
S_PAI_191210082_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (463kB)
[img] Teks
S_PAI_191210082_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (712kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210082_Bab V.pdf

Download (293kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210082_Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran akhlak terhadap perilaku siswa, seberapa besar konstribusi yang diberikan, dan apakah hal tersebut memiliki signifikansia atau tidak. Dan manfaat dari penelitian ini memberikan gambaran yang jelas mengenai Pengaruh Pembelajaran Akhlak Terhadap Perilaku Siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka, atau kualitatif yang diangkatkan dengan subjek penelitian kepada siswa kelas VIII dengan menggunaan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, serta angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 pembelajaran akhlak mencapai kualifikasi sangat tinggi (skor 5,06), 2 realitas perilaku siswa mencapai kualifikasi tinggi (skor 4,16); realitas perilaku antar keduanya: a) realitas korelasinya termasuk tinggi (skor 0,881); b) kadar pengaruhnya 77,6% dan masih ada 22,4% di pengaruhi oleh faktor lain yang mempengaruhinya; c) hipotesisnya diterima (t hitung 11.010 > t tabel 3.030). Dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran akhlak di MTs Jariyatul Islami berjalan dengan baik, dengan kualifikasi 4,16 untuk pembelajaran akhlak, dan perilaku siswa juga menunjukkan kualifikasi tinggi dengan skor 5,06. Ini mencerminkan keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuannya untuk menghasilkan siswa yang berilmu dan berakhlak mulia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembelajaran Akhlak, Perilaku Siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Sep 2024 04:33
Perubahan Terakhir: 20 Sep 2024 04:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15294

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.