Septiana, Agus (2024) Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Studi di Kelas X SMAN 1 Malingping Kab. Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210034_Cover.pdf Download (109kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210034_Lampiran Depan.pdf Download (548kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210034_Bab I.pdf Download (326kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210034_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (595kB) |
||
Teks
S_PAI_191210034_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (282kB) |
||
Teks
S_PAI_191210034_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (358kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210034_Bab V.pdf Download (136kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210034_Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Malingping. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Malingping. 3) Untuk mengetahui cara mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Malingping. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi teknik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Malingping yang menunjukkan aspek beriman kepada Tuhan yang Maha Esa adanya pembiasaan doa bersama yang dilakukan sebelum memulai pembelajaran dengan pengenalan agama sembari membaca Asmaul husna dan kegiatan shalat dzuhur berjamaah di Mushola. Gotong royong, kegiatan projek dengan berkelompok terhadap kegiatan projek kewirausahaan pembuatan makanan ciri khas yang di bazarkan untuk dipamerkan. Kreatif, kegiatan projek tema gaya hidup berkelanjutan dalam pembuatan biopori di lingkungan sekolah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 20 Sep 2024 03:05 |
Perubahan Terakhir: | 20 Sep 2024 03:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15289 |
Actions (login required)
Lihat Item |