Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Perspektif Fiqh Siyasah (Studi di Desa Curugbitung Kecamatan Curugbitung Kabupaten Lebak)

Rizqiawati, Kiki (2024) Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Perspektif Fiqh Siyasah (Studi di Desa Curugbitung Kecamatan Curugbitung Kabupaten Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HTN_201120082_Cover.pdf

Download (157kB)
[img] Teks
S_HTN_201120082_Lampiran Depan.pdf

Download (481kB)
[img] Teks
S_HTN_201120082_Bab I.pdf

Download (459kB)
[img] Teks
S_HTN_201120082_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (423kB)
[img] Teks
S_HTN_201120082_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (448kB)
[img] Teks
S_HTN_201120082_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (262kB)
[img] Teks
S_HTN_201120082_Bab V.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_HTN_201120082_Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB)

Abstrak

Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) bertujuan memaksimalkan potensi desa melalui kegiatan ekonomi yang dikelola oleh pemerintah desa bersama masyarakat. BUMDES didirikan untuk meningkatkan perekonomian dan pendapatan desa, berfungsi ganda sebagai lembaga sosial dan komersial. Di Desa Curugbitung, pengelolaan lahan hutan lindung terhambat oleh kurangnya sumber daya manusia yang kompeten, mengakibatkan potensi ekonomi lahan tidak maksimal. BUMDES dibentuk untuk mengatasi masalah ini, berdasarkan Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan prinsip maslahah mursalah dari fiqh siyasah syar'iyyah.yang menekankan bahwa semua kegiatan dan keputusan harus memberikan manfaat bagi masyarakat desa. Berdasarkan latar belakang tersebut, skripsi ini mengangkat dua rumusan masalah: (1) Bagaimana strategi pengelolaan BUMDES di Desa Curugbitung, Kecamatan Curugbitung Kabupaten Lebak? (2) Bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap kebijakan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Desa Curugbitung Kecamatan Curugbitung Kabupaten Lebak? Penelitian ini juga bertujuan (1) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana starategi pengelolaan BUMDES di Desa Curugbitung Kecamatan Curugbitung Kabupaten Lebak. (2) Untuk memahami tinjauan fiqh siyasah terhadap kebijakan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Desa Curugbitung Kecamatan Curugbitung Kabupaten Lebak Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif. Yaitu suatu teknik analisis data dengan tujuan untuk menggambarkan dan menguraikan data secara sistematis, objektif, dan rinci. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data dan mengeksplorasi pandangan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) memainkan peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan BUMDES menunjukkan adanya kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi terhadap pembangunan ekonomi lokal. BUMDES Ranggawulung telah berhasil memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan ekonomi dan pariwisata di wilayah tersebut. Selain itu, kebijakan pengelolaan BUMDES Ranggawulung telah menerapkan prinsip-prinsip fiqh siyasah syar'iyyah dengan baik, yang meliputi keadilan, transparansi, partisipasi masyarakat, efisiensi, efektivitas, dan keberlanjutan. Setiap aspek kebijakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pemanfaatan potensi lokal secara optimal dan berkelanjutan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Strategi Pengembangan, Fiqh Siyasah Syar’iyyah, Maslahah Mursalah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 19 Sep 2024 08:24
Perubahan Terakhir: 19 Sep 2024 08:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15282

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.