Konsep Ketuhanan Dalam Perspektif AL-qur'an (Study Komparatif pada Lafadz Allah, Rabb dan Ilah dalam Tafsir Al-Maragḥi Karya Syekh Mustafa Al-Maragḥi).

Sadam, Aziz (2024) Konsep Ketuhanan Dalam Perspektif AL-qur'an (Study Komparatif pada Lafadz Allah, Rabb dan Ilah dalam Tafsir Al-Maragḥi Karya Syekh Mustafa Al-Maragḥi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_171320099_COVER.pdf

Download (246kB)
[img] Teks
S_IAT_17132009_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (775kB)
[img] Teks
S_IAT_171320099_BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Teks
S_IAT_171320099_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (379kB)
[img] Teks
S_IAT_171320099_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (742kB)
[img] Teks
S_IAT_171320099_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (691kB)
[img] Teks
S_IAT_171320099_BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Teks
S_IAT_171320099_Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB)

Abstrak

Toleransi menjadikan kerukunan antar umat beragama yang ada di bumi, terlebih seseorang yang beriman kepada tuhannya. Mengetahui konsep ketuhanan antar umat beragama bukan menjadikan penyimpangan atau menyekutukan terhadap tuhan salah satu agama, melainkan untuk menjadikan wawasan pribadi yang memiliki agama untuk saling toleransi antar umat beragama bukan untuk mengimani agamanya. Dalam agama Islam sendiri memahami konsep ketuhanan memang jarang terjadi. Terlebih dari firman Allah yaitu al-Qur‟an yang tertuang dalam bahasa Arab harus diartikan oleh seorang muslim indonesia. jarang pula seorang muslim mengartikan dari ayat al-Qur‟an sehingga banyak penyimpangan atau kurang pemahaman bahasa yang di serap oleh muslim indonesia dalam sosial media. Salah satu nya adalah tidak boleh menyebutkan kata “Allah” dengan kata “Tuhan”. Padahal lafadz “Allah” dalam al-Qurán diartikan beberapa beberapa arti yakni lafadz “Rabb” (Tuhan). Begitu pula dengan lafadz“Ilah”(sesembahan). Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana landasan teoritik tentang konsep ketuhanan?, 2) Bagaimana pandangan Syekh Mustafa al- Al-Maragḥi terhadap lafadz Allah, Rabb dan Ilah dalam Tafsir Al-Maragḥi? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Mengetahui landasan secara teori tentang konsep ketuhanan, 2) Mengetahui perbandingan makna lafadz Allah, Rabb dan Ilah yang di jelaskan dalam Tafsir Al-Maragḥi yang dikarang oleh Syekh Mustafa Al-Maragḥi. Metode yang akan digunakan dalam penelitian skripsi yang ditulis penulis ini adalah metode Deskriptif Analitis, yakni suatu metode melalui pendekatan studi literature (book survey) dengan memaparkan, menganalisa, dan menjelaskan data-data primer dan sekunder yang sesuai dengan pembahasan objek yang diteliti. Dalam dunia toleransi saling menghargai antar umat agama adalah salah satu kunci kedamaian di dunia. Oleh karena nya tidak masalah kita sebagai mahasiswa untuk mempelajari konsep ketuhanan agama lain, asalkan kita menyakini dengan kuat keyakinan kita. Karena kita umat Islam telah menyakini bahwa Allah swt adalah tuhan semata yang menciptakan alam semesta, beserta isinya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konsep Ketuhanan, Tuhan, Al-Maragḥi, Rabb dan Ilah
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 13 Sep 2024 04:01
Perubahan Terakhir: 13 Sep 2024 04:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15223

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.