Analisis Nasikh Dalam Al-Qur'an Telaah Surat An-Nur Ayat 4 dan 6 (Studi Tafsir Rawaiul Bayan Karya Syaikh Ali Ash-Shabuni).

Hidayatullah, Ari (2024) Analisis Nasikh Dalam Al-Qur'an Telaah Surat An-Nur Ayat 4 dan 6 (Studi Tafsir Rawaiul Bayan Karya Syaikh Ali Ash-Shabuni). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320072_COVER.pdf

Download (301kB)
[img] Teks
S_IAT_191320072_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_191320072_BAB I.pdf

Download (683kB)
[img] Teks
S_IAT_191320072_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (791kB)
[img] Teks
S_IAT_191320072_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (844kB)
[img] Teks
S_IAT_191320072_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (645kB)
[img] Teks
S_IAT_191320072_BAB V.pdf

Download (467kB)
[img] Teks
S_IAT_191320072_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstrak

Ulama ahli tafsir al-Qur’an dalam penafsirannya selalu memiliki perbedaan dalam berpendapat, termasuk dalam penafsiran surat al-Baqarah ayat 106 yang menjelaskan konsep nasikh dan mansukh. Dengan demikian, penelitian seputar nasikh dan mansukh berupaya mencari tahu lebih dalam terhadap ayat al-Qur’an mengenai dalil yang dijadikan sebagai landasan hukum syari’at Islam. Oleh sebab itu, penafsiran surat an-Nur ayat 4 dan ayat 6 mengenai hukum terhadap pelaku perzinahan dan seseorang yang menuduh berzina kepada orang lain perlu dicari tahu kejelasannya, karena beberapa ulama tafsir al-Qur’an seperti Syaikh Ali ash-Shabuni turut menafsirkan ayat tersebut dalam kitab Rawai’u al-Bayan fi Tafsiri Ayati al-Ahkam min al-Qur’an yang oleh umat Islam dijadikan sebagai sumber rujukan penafsiran ayat-ayat al-Qur’an dalam menentukan hukum syari’at Islam. Penelitian ini memiliki arah pembahasan yang ditentukan dalam rumusan masalah: 1. Bagaimana konsep umum nasikh dan mansukh di dalam al-Qur’an? 2. Bagaimana konsep nasikh wa al-mansukh menurut beberapa mufassir dan menurut Syaikh Ali ash-Shabuni serta perbedaan pendapat menurut mufassir terhadap konsep nasikh wal mansukh? 3. Bagaimana tafsir dalam surat an-Nur ayat 4 dan 6 yang menjadi objek nasikh dan mansukh dalam kitab Rawai’u al-Bayan fi Tafsiri Ayati al-Ahkam min al-Qur’an? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep secara umum mengenai nasikh dan mansukh dalam al-Qur’an dan menurut Syaikh Ali ash-Shabuni serta mengetahui pendalaman nasikh dan mansukh dalam surat an-Nur ayat 4 dan 6. Dalam skirpsi ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) atau penelitian kepustakaan. Penelitian ini menggunakan metode tafsir tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan juga data dengan bantuan berbagai macam material yang ada diperpustakaan, seperti buku, jurnal bahkan artikel dan lain sebagainya yang berkaitan dengan peelitian ini. Adapaun sumber primer pada penelitian ini yaitu kitab Rawai’u al-Bayan fi Tafsiri Ayati al-Ahkam min al-Qur’an karya Syaikh Ali ash-Shabuni. iii Kemudian data tersebut diAnalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Penelitian yang dikemas dalam skirpsi ini menghasilkan suatu pembahasan yang baru bahwa surat an-Nur ayat 4 dan 6 merupakan salah satu ayat yang termasuk ke dalam nasikh dan mansukh, karena kedua ayat tersebut lebih condong kepada nasikh secara juz’i yang berarti menerapkan hukum yang sudah muqayyad daripada hukum yang masih memiliki sifat muthlaq. Walaupun adanya perbedaan pendapat yang dikemukakan oleh imam empat madzhab, perbedaan tersebut bukan terletak pada substansial permasalahan, akan tetapi pada bentuk permasalahan yang menimpanya saja.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Nasikh Mansukh, Rawaiul Bayan
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 13 Sep 2024 03:36
Perubahan Terakhir: 13 Sep 2024 03:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15222

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.