Respon Dinas Sosial Kota Cilegon Dalam Pelayanan melalui SP4N LAPOR Terhadap Keluhan Masyarakat Kota Cilegon (Studi Deskriptif Bidang Pelayanan Dinas Sosial Kota Cilegon)

Fisyariyani, Fisyariyani (2024) Respon Dinas Sosial Kota Cilegon Dalam Pelayanan melalui SP4N LAPOR Terhadap Keluhan Masyarakat Kota Cilegon (Studi Deskriptif Bidang Pelayanan Dinas Sosial Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510006_COVER.pdf

Download (285kB)
[img] Teks
S_KPI_201510006_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (958kB)
[img] Teks
S_KPI_201510006_BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Teks
S_KPI_201510006_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (506kB)
[img] Teks
S_KPI_201510006_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (221kB)
[img] Teks
S_KPI_201510006_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (889kB)
[img] Teks
S_KPI_201510006_BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Teks
S_KPI_201510006_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstrak

elayanan publik pada dasarnya berkaitan erat dengan berbagai aspek kehidupan. Dalam kehidupan bernegara, peran pemerintah ialah memberikan kepada masyarakat berbagai pelayanan publik. Pelayanan publik yang menjadi prasyarat penyelenggaraan pelayanan berdasarkan Undang-Undang tampaknya masih jauh dari harapan. Dampak dari rendahnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik adalah mulai timbulnya keluhan dan pengaduan dari masyarakat kepada pihak yang bertanggung jawab. Dalam mewujudkan pelayanan publik yang good governance, pemerintah harus mengikuti kemajuan teknologi agar tidak tertinggal. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah melalui implementasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional -Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR). Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tahapan dalam penyelesaian tindaklanjut laporan pengaduan keluhan dari masyarakat?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dalam penyelesaian tindaklanjut laporan pengaduan keluhan dari masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-tindakan yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari permasalahan dengan menggunakan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Penelitian dilaksanakan pada November 2023 hingga April 2024, dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 3 orang pegawai SP4N LAPOR Dinas Sosial Kota Cilegon. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa tahapan dalam penyelesaian tindak lanjut laporan pengaduan keluhan masyarakat terdapat tiga tahapan yang menjadi jangka waktu untuk menindak lanjuti laporan tergantung jenis dan tingkat keparahan laporan yang di keluhkan masyarakat. Dan tahapan dalam penyelesaian tindaklanjut laporan pengaduan keluhan dari masyarakat, pegawai/petugas Sp4n Lapor Dinas Sosial sudah berusaha semaksimal mungkin dalam menerima masyarakat yang melapor hingga menyelesaikan laporannya, sehingga Dinas Sosial membentuk sendiri Tim khusus untuk menanganai pengaduan agar mempermudah dalam menanganai penanganan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Respontivitas, Pelayanan Publik, SP4N LAPOR
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 350 Administrasi publik & ilmu militer > 352 Umum pertimbangan administrasi publik > 352.6 Personalia Administrasi Negara
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 10 Sep 2024 08:08
Perubahan Terakhir: 10 Sep 2024 08:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15194

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.