Analisis Perhitungan Dana Pensiun dengan Metode Projected Unit Credit dan Individual Level Premium Manfaat Pasti (Studi Kasus pada Guru Honorer dan PNS)

Jannah, Raudatul (2024) Analisis Perhitungan Dana Pensiun dengan Metode Projected Unit Credit dan Individual Level Premium Manfaat Pasti (Studi Kasus pada Guru Honorer dan PNS). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AS_201430076_Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Teks
S_AS_201430076_Lampiran Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_AS_201430076_Bab I.pdf

Download (312kB)
[img] Teks
S_AS_201430076_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (705kB)
[img] Teks
S_AS_201430076_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (471kB)
[img] Teks
S_AS_201430076_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (530kB)
[img] Teks
S_AS_201430076_Bab V.pdf

Download (188kB)
[img] Teks
S_AS_201430076_Daftar Pustaka.pdf

Download (319kB)

Abstrak

Dana pensiun merupakan salah satu bentuk perencaan program masa depan bagi pegawai ketika telah mencapai usia pensiun. Sebelum mencapai usia pensiun, perlu dilakukan perhitungan aktuaria, yang meliputi iuran normal dan kewajiban aktuaria. Metode perhitungan aktuaria dibagi menjadi dua ketegori, yaitu Accrued Benefit Cost Method dan Projected Benefit Cost Method. Salah satu yang termasuk kedalam metode Accrued Benefit Cost Method adalah Projected Unit Credit dan salah satu yang termasuk kedalam metode Projected Benefit Cost Method adalah Individual Level Premium. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1.Bagaimana perhitungan besar iuran normal menggunakan metode PUC dan ILP untuk pendanaan pensiun manfaat pasti pada PNS? 2.Bagaimana perhitungan kewajiban aktuaria menggunakan metode PUC dan Individual Level Premium untuk pendanaan pensiun manfaat pasti pada PNS? 3.Bagaimana perbandingan nilai akhir iuran normal menggunakan metode Projected Unit Credit dan Individual Level Premium untuk pendanaan pensiun manfaat pasti pada PNS? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil perhitungan iuran normal (NC) kewajiban aktuaria (AL) dan total akhir iuran normal menggunakan metode Projected Unit Credit dan Individual Level Premium Manfaat pasti pada guru honorer dan pns. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dari SMPN 6 Pasar Kemis dan SD AL MUHAJIR. Analisis data yang digunakan studi literatur dengan mempelajari literatur mengenai perhitungan manfaat pensiun menggunakan metode Projected Unit Credit dan Individual Level Premium. Hasil perhitungan iuran normal yang dihitung menggunakan metode PUC mengalami kenaikan setiap tahunnya, sedangkan iuran normal dengan menggunakan metode ILP tetap. Hal ini dikarenakan pada perhitungan iuran normal dengan menggunakan metode ILP tidak terpaku pada masa kerja. Besar kewajiban aktuaria dengan metode ILP lebih besar dibandingkan dengan metode PUC. Nilai akhir iuran normal dengan menggunakan metode ILP lebih kecil dibandingan dengan metode PUC. Sehingga perhitungan dengan metode ILP lebih disarankan bagi peserta. Sedangkan bagi Dana Pensiun metode PUC lebih menguntungkan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dana Pensiun, Perhitungan aktuaria, Projected Unit Credit, Individual Level Premium, Manfaat Pasti
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 10 Sep 2024 03:23
Perubahan Terakhir: 10 Sep 2024 03:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15184

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.