Strategi Komunikasi Pembina OSIS Dalam Pembentukan Jiwa Kepemimpinan dan Akhlakul Karimah Pada Pengurus OSIS (Studi Kasus di SMA Nur El Falah Kubang Kec. Petir Kab. Serang Prov. Banten)

Sari, Siti Nida (2024) Strategi Komunikasi Pembina OSIS Dalam Pembentukan Jiwa Kepemimpinan dan Akhlakul Karimah Pada Pengurus OSIS (Studi Kasus di SMA Nur El Falah Kubang Kec. Petir Kab. Serang Prov. Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510099_ COVER.pdf

Download (226kB)
[img] Teks
S_KPI_201510099_ LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (581kB)
[img] Teks
S_KPI_201510099_ BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Teks
S_KPI_201510099_ BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (589kB)
[img] Teks
S_KPI_201510099_ BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (304kB)
[img] Teks
S_KPI_201510099_ BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (479kB)
[img] Teks
S_KPI_201510099_ BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_KPI_201510099_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)

Abstrak

Dalam menjalankan suatu organisasi, kehadiran seorang pemimpin sangat penting dalam mencapai tujuan organisasi tersebut. Oleh karena itu, di butuhkan pemimpin yang memiliki karakter kepemimpinan yang baik. Judul yang saya pilih bertujuan untuk mencari tahu bagaimana strategi dari pembina OSIS dalam membentuk jiwa kepemimpinan dan akhlakul karimah pada pengurus OSIS, karena generasi muda merupakan calon-calon pemimpin masa depan yang akan membawa bangsa dan negara kita ke arah yang lebih baik. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana strategi komunikasi Pembina OSIS SMA Nur El Falah Kubang dalam pembentukan jiwa kepemimpinan dan akhlakul karimah. 2) Kendala apa saja yang dihadapi oleh Pembina OSIS dalam menerapkan strategi komunikasi untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan dan akhlakul karimah di SMA Nur El Falah Kubang. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Pembina OSIS SMA Nur El Falah Kubang dalam pembentukan jiwa kepemimpinan dan akhlakul karimah 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh Pembina OSIS dalam menerapkan strategi komunikasi untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan dan akhlakul karimah di SMA Nur El Falah Kubang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriftif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2024 dengan mewawancarai narasumber diantaranya Kepala Sekolah SMA Nur El Falah Kubang, Pembina OSIS dan Pengurus OSIS. Teori yang diterapkan adalah teori Strategi Komunikasi Harold Lasswell yang Lasswell mengemukakan bahwa cara terbaik untuk menjelaskan proses komunikasi adalah dengan menjawab pertanyaan: Who says what in which channel to whom with what effect (Siapa yang mengatakan apa melalui media apa kepada siapa dengan efek apa). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Strategi Komunikasi Pembina OSIS kepada Pengurus OSIS yaitu melalui pertemuan langsung dan media WhatssApp, pesan yang disampaikan tentang menjadi seorang pemimpin yang baik dan memiliki akhlak yang baik. Effect yang diharapkan Pembina OSIS berharap Pengurus OSIS tidak hanya memiliki keterampilan kepemimpinan, tetapi juga memiliki akhlak yang baik dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas mereka kedepannya. 2) Kendala yang dihadapi oleh Pembina OSIS dalam menerapkan strategi komunikasi tidak lepas dari kendala-kendala yang timbul dari dalam organisasi maupun dari faktor lingkungan sekolah, semua tergantung bagaimana pembina OSIS itu sendiri dalam mengambil sebuah tindakan dan keputusan. Dalam mengatasi kendala tersebut, pembina OSIS mengatasi kendala sudah cukup baik, namun perlu diperhatikan lagi agar semakin baik kedepannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Komunikasi, Pembina OSIS, Pengurus OSIS.
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 09 Sep 2024 03:50
Perubahan Terakhir: 09 Sep 2024 03:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15161

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.