Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Dalam Mengurangi Disonansi Kognitif” (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perokok Aktif Semester 6 Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN SMH Banten)

Utami, Defa Putri (2024) Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Dalam Mengurangi Disonansi Kognitif” (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perokok Aktif Semester 6 Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN SMH Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510057_COVER.pdf

Download (59kB)
[img] Teks
S_KPI_201510057_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_201510057_BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Teks
S_KPI_201510057_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (381kB)
[img] Teks
S_KPI_201510057_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (131kB)
[img] Teks
S_KPI_201510057_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (199kB)
[img] Teks
S_KPI_201510057_BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Teks
S_KPI_201510057_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstrak

Dalam diri mahasiswa seringkali terjadi disonansi kognitif di kehidupan sehari-harinya. Suatu masalah psikologis yang menyebabkan aspek kognitif dalam diri mahasiswa tidak sejalan. Perlu adanya upaya-upaya yang dilakukan dalam mengurangi disonansi kognitif, dalam hal ini proses komunikasi interpersonal dapat dijadikan upaya untuk mengurangi disonansi kognitif sesuai dengan salah satu tujuan dari komunikasi interpersonal yaitu untuk menyelaraskan antara pola pikir dan tingkah laku dan tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut dapat terjadi kepada mahasiswa Prodi KPI UIN SMH Banten semester 6. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana komunikasi interpersonal mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam semester 6 UIN SMH Banten dalam mengurangi disonansi kognitif? 2) bagaimana upaya yang dilakukan mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam semester 6 UIN SMH Banten dalam mengurangi disonansi kognitif?. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi, wawancara, dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan pada Mei 2024, dengan jumlah informan dalam penelitian ini adalah 8 orang mahasiswa, yaitu mahasiswa semester 6 dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Komunikasi Interpersonal mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN SMH Banten dalam mengurangi disonansi kognitif pada studi kasus mahasiswa perokok aktif semester 6 dilakukan dengan proses komunikasi diadik yang mana terdapat 5 proses komunikasi yaitu, keinginan berkomunikasi, encoding oleh komunikator, pengiriman pesan, penerimaan pesan, decoding oleh komunikan dan umpan balik (feedback). Selain itu, terdapat keterkaitan antara sumber disonansi kognitif pada teori disonansi kognitif dengan hasil yang ditemukan pada proses wawancara diantaranya, inkonsistensi logi (cara berpikir), norma dan tata budaya, opini umum dan pengalaman masa lalu. 2) Upaya yang dilakukan mahasiswa perokok aktif semester 6 Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN SMH Banten dalam mengurangi disonansi kognitif dengan mengurangi pentingnya keyakinan disonan, menambah keyakinan konsonan, dan menghapus disonansi dengan cara tertentu.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): komunikasi interpersonal, mahasiswa, disonansi kognitif
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 05 Sep 2024 04:40
Perubahan Terakhir: 05 Sep 2024 04:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15126

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.