Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Mencegah Pergaulan Seks Bebas Pada Remaja (Studi Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak di Desa Nanjungjaya Kecamatan Kersamanah Garut)

Haikal, Fikri (2024) Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Mencegah Pergaulan Seks Bebas Pada Remaja (Studi Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak di Desa Nanjungjaya Kecamatan Kersamanah Garut). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510043_COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Teks
S_KPI_191510043_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (449kB)
[img] Teks
S_KPI_191510043_BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Teks
S_KPI_191510043_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (327kB)
[img] Teks
S_KPI_191510043_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (108kB)
[img] Teks
S_KPI_191510043_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (334kB)
[img] Teks
S_KPI_191510043_BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Teks
S_KPI_191510043_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstrak

Gaya hidup yang serba canggih membuat remaja masa kini merasa apa yang mereka cari semakin mudah apalagi didukung dengan pesatnya teknologi digital yang semakin canggih, jika seorang remaja tidak bisa mengendalikan teknologi yang semakin canggih ini ke arah yang positif maka remaja tersebut bisa menyalahgukan kecanggigan teknologi ke arah yang negatif. Rumusan masalah penelitian ini yaitu:1) Bagaimana pola Komunikasi Orang tua dalam mencegah anaknya agar tidak terpengaruh pergaulan seks bebas. 2). Bagaimana peranan polakomunikasi interpersonal orang tua dalam mencegah pergaulan seks bebas. Penelitian ini bertujuan untuk:1) Untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi intrepersonal orang tua mecergah anaknya agar tidak terpengaruh pergaulan seks bebas. 2) Untuk mengetahui bagaimana efek pola komunikasi dalam mencegah seks bebas pada remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian hanya menggambarkan atau menjabarkan kejadian yang terjadi di lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Pola komunikasi antara orang tua dan anak dapat berlangsung secara baik, karena orang tua menerapkan 2 cara komunikasi yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Komunikasi verbal diantaranya menasihati dan memberikan contoh, sedangkan komunikasi secara non verbal seperti ; keterbukaan dan dukungan. 2) Berdasarkan hasil penelitian, dan setelah dilakukan analisis. Peranan pola komunikasi interpersonal sesuai dengan identifikasi masalah yaitu bagaimana pola komunikasi orang tua dan anak dalam mencegah perilaku seks bebas, Untuk dapat menyampaikan pesan (komunikasi) yang efektif dan efisien, maka orang tua harus membangun komunikasi interpersonal dengan anak, dengan memperhatian lima unsur positif dalam komunikasi antarpribadi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pola Komunikasi Interpersonal, Pergaulan Seks Bebas
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 05 Sep 2024 03:46
Perubahan Terakhir: 05 Sep 2024 03:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.