Ridwanudin, Hapid (2024) Pola Komunikasi Dosen dan Mahasiswa STAI NIDA EL - ADABI Dalam Meningkatkan prestasi Akademik Pada Mahasiswa. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_191510047_COVER.pdf Download (199kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510047_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (576kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510047_BAB I.pdf Download (231kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_191510047_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (429kB) |
||
Teks
S_KPI_191510047_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (169kB) |
||
Teks
S_KPI_191510047_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (604kB) |
||
|
Teks
S_KPI_191510047_BAB V.pdf Download (154kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510047_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (796kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pola komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa memiliki peran yang penting dalam meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola komunikasi yang efektif antara dosen dan mahasiswa serta dampaknya terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif lads, penelitian hanya menggambarkan atau menjabarkan kejadian yang terjadi dilapangan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) pola komunikasi dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan prestasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Dosen yang mampu menyampaikan materi dengan baik, memberikan umpan balik yang konstruktif, serta menginspirasi mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran cenderung menciptakan lingkungan yang mendukung peningkatan prestasi belajar. 2) Keefektivitasan pola komunikasi interpersonal sesuai dengan identifikasi masalah, mahasiswa yang aktif berkomunikasi dengan dosen, bertanya pertanyaan, dan mencari klarifikasi dalam memahami materi pelajaran cenderung mencapai hasil belajar yang lebih baik. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya komunikasi dalam konteks perguruan tinggi dan menyarankan perlunya pengembangan keterampilan komunikasi bagi kedua pihak guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar mahasiswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pola Komunikasi Interpersonal, Perstasi Akademik |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 04 Sep 2024 08:42 |
Perubahan Terakhir: | 04 Sep 2024 08:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15113 |
Actions (login required)
Lihat Item |