Implementasi Program Keluarga Harapan dalam Memperbaiki Kualitas Hidup Penyandang Disabilitas (Studi Deskriptif Kualitatif di Kecamatan Tebet Jakarta Selatan)

Aliyah, Lailatul (2024) Implementasi Program Keluarga Harapan dalam Memperbaiki Kualitas Hidup Penyandang Disabilitas (Studi Deskriptif Kualitatif di Kecamatan Tebet Jakarta Selatan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_201530077_Cover.pdf

Download (225kB)
[img] Teks
S_PMI_201530077_Lampiran Depan.pdf

Download (333kB)
[img] Teks
S_PMI_201530077_Bab I.pdf

Download (402kB)
[img] Teks
S_PMI_201530077_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (497kB)
[img] Teks
S_PMI_201530077_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (526kB)
[img] Teks
S_PMI_201530077_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (331kB)
[img] Teks
S_PMI_201530077_Bab V.pdf

Download (195kB)
[img] Teks
S_PMI_201530077_Daftar Pustaka.pdf

Download (291kB)

Abstrak

Penyandang disabilitas merupakan individu yang membutuhkan perhatian khusus. Keadaan ekonomi yang kurang mencukupi berakibat disabilitas sulit memenuhi kebutuhannya. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk memperbaiki kualitas hidup disabilitas baik dari segi pendidikan, kesehatan maupun pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari yaitu diimplementasikan dalam Program Keluarga Harapan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam memperbaiki kualitas hidup bagi penyandang disabilitas Kecamatan Tebet? 2) Apa dampak PKH terhadap Keluarga Penerima Manfaat yang memiliki komponen penyandang disabilitas? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi penyandang disabilitas di Kecamatan Tebet? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam memperbaiki kualitas hidup penyandang disabilitas Kecamatan Tebet. 2) Untuk mengetahui dampak PKH terhadap Keluarga Penerima Manfaat PKH yang memiliki komponen penyandang disabilitas Kecamatan Tebet. 3) Untuk menjelaskan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi penyandang disabilitas di Kecamatan Tebet? Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dengan lima penerima PKH disabilitas sebagai informan serta dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan PKH bagi penyandang disabilitas di Kecamatan Tebet sudah berjalan cukup baik dilihat dari ketepatan sasaran penerima yaitu disabilitas, peran pendamping yang memaksimalkan tugasnya, kehadiran KPM pada kegiatan P2K2 yang menjadi kewajiban serta menjalankan komitmennya. 2) PKH memberi dampak positif dalam memperbaiki kualitas hidup disabilitas, selain itu ditemukan dampak negatif PKH yaitu sifat ketergantungan serta penyalahgunaan dana bantuan. 3) Faktor pendukung pelaksanaan PKH yaitu sumberdaya manusia dan finansial, sedangkan hambatannya KPM yang tidak menjalankan komitmennya, minim informasi dari KPM disabilitas, serta kesalahan data KPM.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Implementasi, Program Keluarga Harapan, Disabilitas, Kualitas Hidup
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 362 Masalah kesejahteraan sosial & jasa > 362.4 Permasalahan dan Layanan kepada Penyandang Cacat
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Sep 2024 08:36
Perubahan Terakhir: 04 Sep 2024 08:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15112

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.