Peranan Dakwah Bil-Lisan di Pondok Pesantren Nurul Dzolam Dalam Pembinaan Akhlak Remaja (Studi Kasus Di Kampung Babakan Kelurahan Pagerbatu Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang)

Anwar, Saepul (2024) Peranan Dakwah Bil-Lisan di Pondok Pesantren Nurul Dzolam Dalam Pembinaan Akhlak Remaja (Studi Kasus Di Kampung Babakan Kelurahan Pagerbatu Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_171330082_COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Teks
S_KPI_171330082_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (534kB)
[img] Teks
S_KPI_171330082_BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Teks
S_KPI_171330082_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (387kB)
[img] Teks
S_KPI_171330082_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (211kB)
[img] Teks
S_KPI_171330082_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (375kB)
[img] Teks
S_KPI_171330082_BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Teks
S_KPI_171330082_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Lembaga Pendidikan Pesantren telah berkembang dan merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia sampai sekarang tetap memberikan kontribusi penting Indonesia, dan cukup kuat sebagai lembaga Islam yang memiliki kepentingan strategis. Sebagai salah satu lembaga pendidikan masyarakat, pesantren mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan pesantren tidak hanya memberikan informasi teknis dan kemampuan saja, namun juga menanamkan nilai-nilai moral dan agama. Begitu pula dengan Pondok Pesantren Nurul Dzolam yang resmi berdiri pada tahun 2001. Tidak hanya sebagai lembaga pendidikan, Pondok Pesantren Nurul Dzolam juga memiliki peran penting dalam membina akhlak remaja di Kelurahan Pagerbatu, Pandeglang. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kondisi remaja di Kampung Babakan Kelurahan Pagerbatu Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang, Untuk mengetahui peran dakwah bil lisan Pondok Pesantren Nurul Dzolam Kampung Babakan Kelurahan Pagerbatu Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang, Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pondok Pesantren Nurul Dzolam Kampung Babakan Kelurahan Pagerbatu Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian lapangan kualitatif, di mana pengumpulan data dilakukan secara langsung di Pondok Pesantren Nurul Dzolam, Kampung Babakan, Kelurahan Pagerbatu, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi Dalam kesimpulannya, dakwah bil-lisan di Pondok Pesantren Nurul Dzolam memegang peran sentral dalam pembinaan akhlak remaja di Kampung Babakan, Kelurahan Pagerbatu, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang. Metode ini membantu remaja memahami dan mempraktikkan ajaran agama serta membantu dalam komunikasi antara remaja, ustadz/ustadzah, dan orangtua. Oleh karena itu, pengembangan dakwah bil-lisan di pesantren dan komunitas sejenis dapat menjadi model yang bermanfaat dalam membentuk akhlak remaja yang baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dakwah, Remaja, Akhlak
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 04 Sep 2024 07:49
Perubahan Terakhir: 04 Sep 2024 08:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15107

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.