Larangan Playing Victim Perspektif Al-Qur'an (Studi Penafsiran ‘Abdurraḥmān bin Nāṣir As-Sa’dī pada Tafsir Taisīr al-Karīm al-Raḥmān fī Tafsīr al-Kalām al-Mannān)

Umyanah, Uum (2024) Larangan Playing Victim Perspektif Al-Qur'an (Studi Penafsiran ‘Abdurraḥmān bin Nāṣir As-Sa’dī pada Tafsir Taisīr al-Karīm al-Raḥmān fī Tafsīr al-Kalām al-Mannān). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320106_Cover.pdf

Download (361kB)
[img] Teks
S_IAT_191320106_Lampiran Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_IAT_191320106_Bab I.pdf

Download (776kB)
[img] Teks
S_IAT_191320106_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (664kB)
[img] Teks
S_IAT_191320106_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (460kB)
[img] Teks
S_IAT_191320106_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (681kB)
[img] Teks
S_IAT_191320106_Bab V.pdf

Download (418kB)
[img] Teks
S_IAT_191320106_Daftar Pustaka.pdf

Download (416kB)

Abstrak

Perkembangan peradaban manusia yang semakin maju saat ini menyebabkan munculnya berbagai macam perilaku manusia. Fenomena ini juga didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi ini memiliki dampak positif yang banyak, karena dapat mempermudah kehidupan manusia dan memudahkan akses informasi. Namun, tidak hanya dampak positif yang muncul, tetapi juga adanya dampak negatif. Banyak kejahatan baru yang muncul dengan berbagai cara. Bahkan, ada kasus di mana orang yang tidak bersalah menjadi korban. Hal ini biasa disebut sebagai "playing victim" atau bermain korban. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan (1) pengertian playing victim ? (2) larangan playing victim dalam al-quran ? (3) penafsiran ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di pada Tafsir Taisir al-Karim al-Rahman fi Tafsir al-kalam al-Mannan tentang larangan playing victim ? Tujuan nya (1) Untuk mengamati dan menganalisis penafsiran ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di pada Tafsir Taisir al-Karim al-Rahman fi Tafsir al-kalam al-Mannan tentang larangan playing victim. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu jenis penelitian yang mengkaji terhadap karya ilmiah berupa buku, transkip, jurnal dan lain sebagainya, dalam penelitian ini penulis menggunakan penafsiran dari kitab tafsir Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di pada Tafsir Taisir al-Karim al-Rahman fi Tafsir al-kalam al-Mannan sebagai sumber data primer. Hasil dari penelitian ini menjelaskan Dalam penafsiran As-Sa'di dalam kitab Tafsīr Taisīr al-Karīm ar-Rahmān fi Tafsīr al-kalām al-Mannȃn ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang playing victim terdapat dalam surah An-Nisā ayat 112 yaitu ketika seseorang yang mengerjakan kesalahan, kemudian menuduh kesalahan yang ia lakukan itu kepada orang-orang yang tidak bersalah, maka ia telah berbuat kebohongan dan dampak dari perbuatan playing victim ini bisa berupa pembicaraan orang terhadap tertuduh tersebut dan kerusakan-kerusakan lainnya. Hal ini tidak dianjurkan dan bertentangan dengan ajaran Islam. Dengan menghindari perilaku playing victim, seseorang dapat menjaga integritas pribadi dan bertanggung jawab dalam kehidupan mereka.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Playing Victim, Tafsir, Abdurraḥmān bin Nāṣir As-Sa‘dī
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 03 Sep 2024 04:50
Perubahan Terakhir: 03 Sep 2024 04:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15088

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.