Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini di TKIT Annajah Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor

Febrianti, Aulia (2024) Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini di TKIT Annajah Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_201260016_Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260016_Lampiran Depan.pdf

Download (3MB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260016_Bab I.pdf

Download (239kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260016_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (405kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260016_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (222kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260016_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (250kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260016_Bab V.pdf

Download (43kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260016_Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program gerakan literasi sekolah dalam mengembangkan kecerdasan linguistik anak usia dini, evaluasi faktor pendukung dan penghambat implementasi program gerakan literasi sekolah dalam mengembangkan kecerdasan linguistik anak usia dini dan optimalisasi program gerakan literasi sekolah dalam mengembangkan kecerdasan linguistik anak usia dini di TKIT Annajah Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Dan manfaatnya sebagai sumber ilmu pengetahuan dalam memahami pentingnya implementasi program gerakan literasi sekolah dalam mengembangkan kecerdasan linguistik sesuai dengan usia dan kebutuhan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah anak mengikuti tahap pembiasaan dari mulai jutaria, remor, happy smart islami, ayat berantai dan upacara. Anak juga mengikuti tahap pengembangan yang meliputi cheer up English, nyunda, Arabic for kids, calistung, asik tradisi, color art, dan ekspoins. Dan tahap pembelajaran literasi melalui polis, surat rahasia, tegar, ryplay, posmen, kuis merdeka, dan market day. Simpulan dalam penelitian ini adalah Implementasi GLS memberikan dampak yang signifikan dalam kecerdasan linguistik anak. Program GLS di TKIT Annajah didukung oleh berbagai faktor yang mencakup perpustakaan, pojok literasi, jurnal, buku baca jilid 1-5, dan iqro. Namun, terdapat beberapa kendala yang menghambat pelaksanaan program GLS di TKIT Annajah sehingga belum optimal. Kendala-kendala tersebut meliputi kurangnya dukungan dari lembaga Annajah, keterbatasan anggaran program GLS, kinerja pendidik, serta sarana dan prasarana.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah, Kecerdasan Linguistik, Anak Usia Dini
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 03 Sep 2024 04:15
Perubahan Terakhir: 03 Sep 2024 04:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15085

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.