Pengaruh Ukuran dan Nilai Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Indeks Saham Syariah (Studi Empiris: Sektor Perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018-2021)

Silviani, Shifa (2024) Pengaruh Ukuran dan Nilai Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Indeks Saham Syariah (Studi Empiris: Sektor Perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018-2021). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_191410080_COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Teks
S_ES_191410080_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (865kB)
[img] Teks
S_ES_191410080_BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Teks
S_ES_191410080_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (386kB)
[img] Teks
S_ES_191410080_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (343kB)
[img] Teks
S_ES_191410080_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (490kB)
[img] Teks
S_ES_191410080_BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Teks
S_ES_191410080_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstrak

Profitabilitas yang tinggi dapat mengindikasikan bahwa perusahaan telah mencapai kinerja keuangan yang baik. Besar kecilnya ukuran perusahaan dapat mempengaruhi investor untuk menempatkan dananya pada perusahaan tersebut. Hal ini karena ukuran perusahaan menunjukan kondisi perusahaan dalam tingkat kemudahan memperoleh dana di pasar modal serta kemampuan memperoleh laba yang lebih tinggi. Sedangkan nilai perusahaan juga memiliki pengaruh terhadap profitabilitas yang dihasilkan oleh perusahaan, hal ini karena perusahaan yang berhasil meningkatkan nilai perusahaan setiap tahunnya akan membuat ketertarikan banyak investor untuk berinvestasi. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui Pengaruh ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas 2) Untuk Mengetahui Pengaruh Nilai Perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas pada Indek Saham Syariah. Variabel-variabel dalam penelitian yaitu variablel bebas atau variabel X dalam penelitian ini adalah Nilai Perusahaan dan Ukuran Perusahaan. Adapun dengan Nilai Perusahaan dapat diukur dengan Logaritma Natural (Ln Asset) dari Total aktiva, Sedangkan Nilai Perusahaan dapat diukur dengan Price to book value (PBV) Adapun pada variabel terikat atau variabel Y menggunakan Profitabilitas dengan mengukur Return On Equity (ROE). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan teknik Random Sampling dengan jumlah 10 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik analisis ini menggunakan analisis linear berganda melalui bantuan software SPSS. Adapun studi empiris yang digunakan yaitu pada Perusahaan makanan dan minuman yang ada di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021. Hasil pada penelitian ini menunjukan dari hasil yang diperoleh Adjusted R Square menunjukan bahwa diperoleh nilai koefisien yaitu 0,399 artinya 40% variabel ukuran dan nilai perusahaan secara bersama-sama dapat mempengaruhi profitabilitas. Sedangkan sisanya 60% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil perhitungan secara parsial bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas. Sedangkan secara simultan ukuran dan nilai Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Profitabilitas
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan > 332.6 Investasi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 03 Sep 2024 04:02
Perubahan Terakhir: 03 Sep 2024 04:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15081

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.