Haeriyah, Hilmiatun (2024) Pembelajaran Menggunakan Media “UBLEK” Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Imajinasi Anak di RA Fathul Ulum Kabupaten Lebak. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_201260001_Cover.pdf Download (129kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260001_Lampiran Depan.pdf Download (973kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260001_Bab I.pdf Download (407kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_201260001_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (616kB) |
||
Teks
S_PIAUD_201260001_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (252kB) |
||
Teks
S_PIAUD_201260001_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (631kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_201260001_Bab V.pdf Download (259kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260001_Daftar Pustaka.pdf Download (391kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pembelajaran menggunakan media ublek terhadap perkembangan imajinasi anak dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan media ublek dalam perkembangan imajinasi anak di RA Fathul Ulum di Kabupaten Lebak. Manfaat dari penelitian ini yaitu bermanfaat dalam pembelajaran menggunakan media ublek untuk perkembangan imajinasi pada anak usia dini sehingga juga menambah wawasan dan informasi dalam bidang pendidikan. Manfaat praktis Bagi para peneliti, hasil peneliti ini diharapkan menambah wawasan dan pengalaman langsung tentang media pembelajaran ublek untuk mengembangkan imajinasi anak. Bagi pendidik, diharapkan dapat menambahkan pengetahuan, kreatif dan memberikan media pembelajaran yang mengembangkan imajinasi anak. Bagi anak, diharapkan dapat memperoleh pengalaman langsung mengenai pembelajaran ublek untuk mengembangkan imajinasi anak secara kreatif dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kelompok A RA Fathul Ulum di Kabupaten Lebak. Kelas A1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media ublek dan kelas A2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode melukis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasrkan hasil perhitungan SPSS versi 25. Manfaat dari media ublek dapat membantu kemampuan kreativitas anak dan meningatkan keterampilan motorik halus anak. uji hipotesis non-parametrik dengan uji mann whitney diperoleh Z hitung sebesar -4,649 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka berdasarkan kriteria uji bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh media ublek terhadap perkembangan imajinasi anak. Hal ini juga dibuktikan hasil perhitungan uji N-Gain Score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen sebesar 64,6% termasuk dalam kategori cukup berpengaruh. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media ublek pengaruhnya terhadap perkembangan imajinasi anak di RA Fathul Ulum Kabupaten Lebak lebih baik dan signifikan dibandingkan dengan perkembangan imajinasi anak menggunakan media lukis.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Ublek, Imajinasi Anak, Anak Usia Dini |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 03 Sep 2024 03:39 |
Perubahan Terakhir: | 03 Sep 2024 03:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15080 |
Actions (login required)
Lihat Item |