Analisis Terhadap Fenomena Perceraian Tenaga Kerja Wanita Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Sukamanah Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang, Banten)

Husna, Kartina Riphatul (2024) Analisis Terhadap Fenomena Perceraian Tenaga Kerja Wanita Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Sukamanah Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_201110062_Cover.pdf

Download (111kB)
[img] Teks
S_HKI_201110062_Lampiran Depan.pdf

Download (457kB)
[img] Teks
S_HKI_201110062_Bab I.pdf

Download (501kB)
[img] Teks
S_HKI_201110062_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (481kB)
[img] Teks
S_HKI_201110062_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (243kB)
[img] Teks
S_HKI_201110062_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (381kB)
[img] Teks
S_HKI_201110062_Bab V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_HKI_201110062_Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB)

Abstrak

Perjalanan hidup sebuah keluarga pasti diwarnai dinamika kehidupan dalam setiap waktunya. Ada saatnya suatu keluarga hidup secara bahagia dan ada saatnya juga keluarga mengalami kegagalan dalam menyelesaikan permasalahan rumah tangga. Keputusan istri menjadi TKW biasanya menjadi problem baru dalam rumah tangga, yang pada awalnya bertujuan agar terpenuhinya kebutuhan rumah tangga serta dapat meningkatkan taraf kehidupanya namun harapan tersebut menjadi angan angan semata karena pada kenyataanya terkadang menjadi sebuah permasalahan baru dalam keluarga sehingga menyebabkan perceraian. Perceraian merupakan salah satu permasalahan yang cukup tinggi pada keluarga TKW, khusus nya pada keluarga TKW yang ada di Desa Sukamanah Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang banten . Pernyataan tersebut dirumuskan sebagai berikut : 1). Faktor-Faktor apa saja yang menyebabkan perceraian pada keluarga TKW di Desa Sukamanah Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang Banten ? 2). bagaimana Analisis terhadap penomena perceraian tenaga kerja wanita di Desa Sukamanah Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang Banten ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai apa saja faktor-faktor yang menyebabkan perceraian pada keluarga TKW di Desa Sukamanah Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang Banten dan bagaimana Menganalisis terhadap penomena perceraian tenaga kerja wanita di Desa Sukamanah Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang Banten Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan empiris dengan sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari lokasi penelitian Skunder yaitu sumber yang mendukung penelitian yaitu ; buku jurnal dan skripsi karya ilmiah dan Tersier adalah data penunjang yang dapat memberi petunjuk terhadapdata primer dan data skunder Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi Hasil dari penelitian ini Menunjukan bahwa penyebab perceraian terhadap Keluarga Tenaga Kerja Wanita ( TKW ) di Desa Sukamanah Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang, dapat di bagi menjadi dua, yaitu faktor internal ialah: kurangnya komunikasi antar pasangan, kurangnya tanggung jawab dalam menurus anak. faktor eksternal ialah : faktor ketidak setian atau selingkuh. Faktor pendorong menjadi TKW di Desa Suakamanh Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang karena tuntutan ekonomi dan demi meningkatkan taraf kehidupan rumah tangganya . Dampak dari perceraian keluarga tenaga kerja wanita ( TKW ) adalah Anak yang terlantar karna anak tidak mendapat perhatian dari kedua orang tua, anak juga harus memilih untuk hidup dengan salah satu orang tuanya baik ibu atau bapaknya dan Terputusnya silaturahmi antara keduanya maupun dari pihak keluarga masing-masing.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.33 Putusnya perkawinan
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 02 Sep 2024 06:45
Perubahan Terakhir: 02 Sep 2024 06:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15064

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.