Peningkatan Ekonomi Dan Keterampilan Pada Pra Lanjut Usia Melalui Program RBS (Rumah Bunda Sehat) Human Initiative Di Desa Sasak Panjang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat

Lestari, Sri Puji (2024) Peningkatan Ekonomi Dan Keterampilan Pada Pra Lanjut Usia Melalui Program RBS (Rumah Bunda Sehat) Human Initiative Di Desa Sasak Panjang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_201530075_COVER.pdf

Download (206kB)
[img] Teks
S_PMI_201530075_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PMI_201530075_BAB I.pdf

Download (708kB)
[img] Teks
S_PMI_201530075_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (513kB)
[img] Teks
S_PMI_201530075_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (387kB)
[img] Teks
S_PMI_201530075_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (211kB)
[img] Teks
S_PMI_201530075_BAB V.pdf

Download (309kB)
[img] Teks
S_PMI_201530075_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Pra lanjut usia menjadi kelompok yang berperan penting dalam dinamika sosial dan ekonomi suatu masyarakat yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka. Program intervensi yang fokus pada peningkatan keterampilan dan keberdayaan ekonomi menjadi suatu kebutuhan yang mendesak dan perlu adanya pemberdayaan. Pemberdayaan ini memiliki tujuan yaitu untuk melakukan pelatihan pembuatan produk olahan berbahan dasar pakcoy, melakukan pelatihan pengemasan produk olahan berbahan dasar pakcoy dan melakukan pelatihan digital marketing pada ibu-ibu pra lanjut usia melalui program Rumah Bunda Sehat (RBS) Human Initiative di Desa Sasak Panjang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Participatory Learning and Action (PLA). Dalam metode ini, fasilitator akan membicarakan, mensosialisasikan, dan memberikan masukan kepada pihak-pihak yang terlibat. Langkah-langkah dalam melakukan pemberdayaan meliputi tujuh tahapan diantaranya, tahapan persiapan, pengkajian, alternatif suatu program atau kegiatan, pemformulasian rencana aksi, implementasi program atau kegiatan, evaluasi dan terminasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan yaitu adanya kegiatan pembuatan cake pakcoy, pelatihan pendampingan dalam produk, pelatihan digital marketing dapat menjembatani ibu-ibu pra lansia dalam menyelesaikan masalah ekonomi yang dialami. Pemberdayaan yang dilakaukan pada ibu –ibu pra lansia berlangsung selama 2 bulan. Hasil penelitian ini sendiri yaitu : 1) kelompok ibu–ibu pra lansia mampu membuat produk cake pakcoy 2) kelompok ibu – ibu pra lansia mampu membuat kemasan kreatif untuk produk, 3) Kelompok ibu –ibu pra lansia mampu memasarkan produk melalui strategi digital marketing.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pra Lansia, Pakcoy, Pemberdayaan, Ekonomi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 30 Aug 2024 08:45
Perubahan Terakhir: 30 Aug 2024 08:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15051

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.