Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Limbah Kertas Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga (Parcipatory Learning And Action Di Kelompok Kowapertas Kampung Pasir Lame, Desa Cilayang Guha, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang–Banten)

Suhepi, Suhepi (2024) Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Limbah Kertas Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga (Parcipatory Learning And Action Di Kelompok Kowapertas Kampung Pasir Lame, Desa Cilayang Guha, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang–Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_201530017_COVER.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_PMI_201530017_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (428kB)
[img] Teks
S_PMI_201530017_BAB 1.pdf

Download (229kB)
[img] Teks
S_PMI_201530017_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (240kB)
[img] Teks
S_PMI_201530017_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (612kB)
[img] Teks
S_PMI_201530017_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (557kB)
[img] Teks
S_PMI_201530017_BAB 5.pdf

Download (13kB)
[img] Teks
S_PMI_201530017_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)

Abstrak

Perempuan terkadang masih jarang terlibat dalam pengelolaan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan karena seringnya mereka terkonsentrasi pada tugas-tugas rumah tangga. Namun, penting untuk diingat bahwa peran aktif perempuan dalam upaya pelestarian lingkungan sangatlah penting. Masalah sampah merupakan masalah yang umum dan telah menjadi fenomena universal diberbagai negara di dunia khususnya limbah kertas. Limbah kertas adalah salah satu limbah yang paling banyak dihasilkan oleh manusia, baik yang dihasilkan oleh rumah tangga maupun sekolah dan perkantoran. Maka, penulis bekerja sama dengan Bank Sampah Makmur agar perempuan terlibat secara aktif dalam upaya pemanfaatan limbah kertas. Kegiatan pelatihan kerajinan kertas dilakukan di Kampung Pasir Lame, Desa Cilayang Guha sangat diperlukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Membantu masyarakat untuk menemukan cara pemanfaatan limbah kertas. 2. Memaksimalkan kegiatan kreatif agar meningkatkan pendapatan di keluarga. 3. Memaksimalkan potensi yang ada di lingkungan Kampung Pasir Lame. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Participation Learning and Action (PLA), sebuah pendekatan yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui partisipasi penuh dari seluruh anggota masyarakat. Participatory Learning and Action adalah sebuah metode penelitian yang melibatkan serangkaian tahapan pembelajaran, termasuk konferensi, sesi brainstorming, dan diskusi. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan focus group discussion. Adapun hasil dari tindakan ini yaitu: 1. Masyarakat bisa terampil dalam pemanfaatan limbah kertas yang dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan yakni, kotak tisu, tatakan air minum dalam kemasan gelas plastik, Vas bunga, topi, tempat pensil dan pulpen, dan lain sebagainya. 2. Mampu meningkatkan pendapatan keluarga dengan menjual hasil kerajinan tangan yang mereka buat. 3. Masyarakat mampu memanfaatkan potensi yang ada di Kampung Pasir Lame. 4. Masyarakat memahami cara pengelolaan sampah dengan baik di Kampung Pasir Lame.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan Perempuan, Bank Sampah Makmur, Kerajinan Kertas
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 27 Aug 2024 03:49
Perubahan Terakhir: 27 Aug 2024 03:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15023

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.