Perilaku Konsumtif Remaja Akhir Dalam Belanja Online (Studi Kasus Di Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang)

Wahyuni, Fuji (2024) Perilaku Konsumtif Remaja Akhir Dalam Belanja Online (Studi Kasus Di Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_201520094_COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Teks
S_BKI_201520094_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (776kB)
[img] Teks
S_BKI_201520094_BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Teks
S_BKI_201520094_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (411kB)
[img] Teks
S_BKI_201520094_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (252kB)
[img] Teks
S_BKI_201520094_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (363kB)
[img] Teks
S_BKI_201520094_BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Teks
S_BKI_201520094_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstrak

Perilaku konsumtif mengacu pada kecenderungan manusia untuk mengonsumsi tanpa batas. Tindakan mengonsumsi hanya untuk menuruti keinginan serta kepuasan semata tanpa peduli kebutuhan dan kegunaan. Remaja mudah terpengaruh karena berada dalam pencarian identitas diri, sehingga seringkali membeli barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan, hanya demi mendapatkan hadiah atau bonus yang ditawarkan. Selain itu, remaja cenderung mengikuti perkembangan tren. Pada penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana kondisi perilaku konsumtif remaja akhir pada belanja online (2) mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif remaja akhir pada belanja online. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memahami, menjelaskan, dan menginterpretasikan situasi atau kejadian yang diteliti dengan mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah remaja akhir, dengan jumlah informan berjumlah 6 orang yaitu SLV, DA, NG, STA, RSM DAN ALS. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan: Kondisi perilaku konsumtif remaja dalam belanja online yaitu keputusan pembelian remaja akhir yang didasarkan pada dorongan emosional, impulsifitas, dan pengaruh tren. Selain itu, adanya tekanan sosial untuk tampil 'up to date'dengan barang-barang terbaru juga dapat memengaruhi remaja untuk melakukan pembelian yang tidak perlu, sehingga memperkuat siklus iii perilaku konsumtif. Dan Faktor yang mepengaruhi perilaku konsumtif remaja dalam berbelanja online yaitu promosi, diskon, dorongan sosial, dan keinginan. Pengaruh teman sebaya, keluarga, dan idola juga menjadi faktor yang mempengaruhi dalam memutuskan pembelian produk.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Perilaku konsumtif, Remaja akhir, Belanja online.
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 26 Aug 2024 03:58
Perubahan Terakhir: 26 Aug 2024 03:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15016

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.