Layanan Informasi Terhadap Pola Asuh Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di Desa Ciburial Kecamatan Cimanggu Kabupaten Pandeglang

Suhartini, Eneng (2024) Layanan Informasi Terhadap Pola Asuh Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di Desa Ciburial Kecamatan Cimanggu Kabupaten Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520183_COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Teks
S_BKI_191520183_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (400kB)
[img] Teks
S_BKI_191520183_BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Teks
S_BKI_191520183_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (430kB)
[img] Teks
S_BKI_191520183_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (319kB)
[img] Teks
S_BKI_191520183_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (271kB)
[img] Teks
S_BKI_191520183_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_BKI_191520183_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstrak

Orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus akan sering mengalami gangguan stres dalam mengurus anak tersebut, hal ini dikarenakan mengalami tuntutan pengasuhan tambahan, menghabiskan banyak waktu serta perhatian yang lebih besar, sebagai orang tua diwajibkan untuk memberikan pola asuh terbaik. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pola asuh orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus di Desa Ciburial Cimanggu Pandeglang? 2) Apakah layanan informasi dapat membantu pola asuh orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus di Desa Ciburial Cimanggu Pandeglang? 3) Bagaimana hambatan dan dukungan pola asuh orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus di Desa Ciburial Cimanggu Pandeglang? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pola asuh orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus di Desa Ciburial Cimanggu Pandeglang. 2) Memberikan layanan informasi pada pola asuh orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus di Desa Ciburial Cimanggu Pandeglang. 3) Menjelaskan hasil layanan informasi terhadap pola asuh orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus di Desa Ciburial Kecamatan Cimanggu Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Responden sebanyak 6 orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Desa Ciburial. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kesimpulan: 1) Pola asuh orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus diberikan dengan pola asuh otoriter dan pemisif, hal tersebut ditandai dengan sering memarahi anak dan menelantarkannya; 2) Pelaksanaan layanan informasi dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut dan menyusun laporan. Jenis layanan informasi yang diberikan yaitu sosial pribadi metode ceramah dengan format kelompok yang terbagi menjadi 2 kelompok, layanan informasi dilaksanakan dalam 5 kali pertemuan, dimulai dari bulan Oktober sampai Desember 2023; 3) Hasil layanan informasi terhadap pola asuh orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus di Desa Ciburial Kecamatan Cimanggu Kabupaten Pandeglang membawa perubahan persepsi pada orang tua yang lebih bisa mengontrol dirinya agar tidak mudah marah pada anaknya dan bekerjasama dengan anggota keluarga yang lain untuk sama-sama mengasuh anaknya, meskipun kadang orang tua masih kesulitan berkomunikasi dengan anaknya dan masih sering mengamuk yang membuat orang tua merasa lelah secara fisik maupun emosional, oleh sebab itu orang tua sesekali membiarkannya atau dengan tanpa sadar memukulinya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Layanan Informasi Sosial, Pola Asuh Demokratis, Anak Berkebutuhan Khusus.
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 22 Aug 2024 07:46
Perubahan Terakhir: 22 Aug 2024 07:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15008

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.