Analisis Deskripsi Jenis-jenis Risiko dan Produk-nya pada Asuransi Syariah (Studi Kasus Pada PT Xyz Unit Syariah).

Musaropah, Miptahul (2024) Analisis Deskripsi Jenis-jenis Risiko dan Produk-nya pada Asuransi Syariah (Studi Kasus Pada PT Xyz Unit Syariah). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AS_191430033 _COVER.pdf

Download (285kB)
[img] Teks
S_AS_191430033 _LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_AS_191430033 _BAB I.pdf

Download (583kB)
[img] Teks
S_AS_191430033 _BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (574kB)
[img] Teks
S_AS_191430033 _BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (597kB)
[img] Teks
S_AS_191430033 _BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (333kB)
[img] Teks
S_AS_191430033 _BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_AS_191430033 _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)

Abstrak

Ruang lingkup risiko dalam asuransi syariah mencakup berbagai jenis risiko yang dapat dialami oleh pemegang polis atau tertanggung. Risiko ini mencakup risiko pada produk kendaraan, property dan kecelakaan. Asuransi syariah bertujuan untuk melindungi individu atau perusahaan dari risiko tersebut dengan tetap mematuhi prinsip syariah, proses penerapan jenis risiko pada asuransi ini bertujuan untuk melindungi aset dan kepentingan nasabah, serta menjaga kestabilan perusahaan asuransi dalam jangka panjang. Setiap produk pada asuransi memiliki jenis risiko yang berbeda dan cara meminimalkanya begitu beragam, sehingga ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan perbedaan jenis risiko dan setiap risiko memiliki karakteristik serta kebutuhan perlindungan yang unik. Maka dari itu penting bagi individu atau bisnis untuk memahami risiko yang dihadapi. Berdasarkan latar belakang diatas maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana ruang lingkup risiko menurut asuransi syariah. 2) penerapan jenis-jenis risiko dalam produk asuransi di indonesia. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui ruang lingkup risiko menurut Asuransi Syariah pada Produk Asuransi kendaraan, Asuransi property dan Asuransi kecelakaan diri. 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan jenis-jenis risiko dalam produk asuransi syariah di PT Xyz Unit Syariah. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif Deskriptif dengan melalukan wawancara dan dokumentasi langsung kepada salah satu pegawai Perusahaan PT Xyz Unit Syariah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setiap karakteristik risiko berbeda-beda maka pengukurannya juga berbeda karena setiap situasi atau kondisi memiliki karakteristik yang unik yang mempengaruhi tingkat risiko yang terkait dengan itu. Faktor-faktor seperti lingkungan, sifat kegiatan, skala operasi, dan banyak variabel lainnya dapat mempengaruhi jenis risiko yang muncul. Oleh karena itu, penting untuk memahami konteks dari risiko tersebut untuk dapat menentukan besaran risiko, level risiko dan mengelola risiko dengan efektif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Resiko dan Produk Asuransi Syariah : Jenis-jenis Resiko pada Asuransi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 22 Aug 2024 04:22
Perubahan Terakhir: 22 Aug 2024 04:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15006

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.