سيميائية أغنية قد أنصح التي أشعتها ألفينا رمحة مودة (نظرية سيميائية ريفاتير)

Kholidah, Neng Dewi (2024) سيميائية أغنية قد أنصح التي أشعتها ألفينا رمحة مودة (نظرية سيميائية ريفاتير). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_201360057_Cover.pdf

Download (304kB)
[img] Teks
S_BSA_201360057_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BSA_201360057_BAB I.pdf

Download (980kB)
[img] Teks
S_BSA_201360057_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (914kB)
[img] Teks
S_BSA_201360057_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (816kB)
[img] Teks
S_BSA_201360057_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (965kB)
[img] Teks
S_BSA_201360057_BAB V.pdf

Download (529kB)
[img] Teks
S_BSA_201360057_Daftar Pustaka.pdf

Download (757kB)

Abstrak

Lagu ini menjelaskan tentang penyesalan seseorang karena telah mengabaikan nasehat dari orang tua dan gurunya serta usahanya untuk bertaubat kepada Allah SWT atas kesalahan yang diperbuat di masa lalu walaupun dalam keadaan sudah tua renta dengan menggunakan teori semiotik Michael Riffaterre yaitu untuk menganalisis pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik, menentukan matriks, model dan varian, serta menemukan hipogram. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1.) bagaimana pembacaan heuristik dan hermeneutik dalam lirik lagu qod anshoha ? 2.) bagaimana matriks, model dan varian dalam lirik lagu qod anshoha? 3.) bagaimana hipogram dalam lirik lagu qod anshoha ? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemaknaan melalui pembacaan heuristik dan hermeneutik dalam lirik lagu qod anshoha , mengetahui matriks, model dan varian dalam lirik lagu qod anshoha serta menemukan hipogramnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, dengan sumber data primer yaitu dengan mendengarkan lagu qod anshoha dan melihat terjemahannya melalui channel YouTube dan data sekunder yaitu melalui buku, artikel, jurnal, serta situs di internet yang berkenaan dengan penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembacaan heuristik dalam lagu tersebut memiliki makna dasar yang belum bisa ,هبوب الريح ,دموع العين سالت دما , ربت , شيبا : ini berikut kata seperti dipahami makna mendasar ini belum mengetahui makna yang sebenarnya dimaksud dalam konteks kalimat lagu tersebut. Cara menemukan makna tersebut menggunakan kamus. Pembacaan hermeneutik dalam lagu qod anshoha menyoroti tentang pengabaian nasehat dan terlena akan kemewahan duniawi usaha untuk bertaubat, meminta ampun dan memohon Rahmat dari Allah SWT. model nya tentang nasehat guru dan orang tua yang diabaikan terdapat pada bait 1-2-3 variannya yaitu penyesalan atas dosa, meminta ampun kepada Allah SWT, taubat, mengharap Rahmat Allah SWT . Karena matriks merupakan kata kunci dalam puisi yang tidak selalu teraktualisasi dan tidak muncul dalam teks. Hipogrammya terdapat pada surat Al- A’raf ayat 23 dan Lirik lagu يا ربنا أعترفنا.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Riffaterre, Semiotik, Lirik Lagu
Subjek: 400 Bahasa > 490 Bahasa lainnya > 492 Afro-Asiatik bahasa; bahasa Semit
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 23 Jul 2024 07:29
Perubahan Terakhir: 23 Jul 2024 07:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14948

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.