Perbandingan Pemberitaan Kritik Rocky Gerung Atas Pembangunan Ibu Kota Nusantara (Studi Perbandingan Portal Detik.com dan Suara.com Framing Robert Entman)

Setiawan, Adi (2024) Perbandingan Pemberitaan Kritik Rocky Gerung Atas Pembangunan Ibu Kota Nusantara (Studi Perbandingan Portal Detik.com dan Suara.com Framing Robert Entman). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510007_Cover.pdf

Download (230kB)
[img] Teks
S_KPI_201510007_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_201510007_Bab I.pdf

Download (389kB)
[img] Teks
S_KPI_201510007_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (385kB)
[img] Teks
S_KPI_201510007_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (298kB)
[img] Teks
S_KPI_201510007_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (531kB)
[img] Teks
S_KPI_201510007_Bab V.pdf

Download (257kB)
[img] Teks
S_KPI_201510007_Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB)

Abstrak

Berbagai polemik pembangunan Ibu Kota Nusantara akhir-akhir ini selalu menjadi perdebatan. Rocky Gerung adalah salah satuh tokoh yang mengkritisi pembangunan tersebut. Tidak hanya itu, lalu terjadi perbedaan framing di media online Detik.com dan Suara.com dalam pemberitaan Rocky Gerung setelah ia mengkritik kebijakan pembangunan Ibu Kota Nusantara yang menimbulkan kontroversi dan kegaduhan publik. Penelitian ini akan membahas framing di kedua media yaitu Detik.com dan Suara.com tentang pemberitaan Rocky Gerung terhadap Pembangunan Ibu Kota Nusantara dan membandingkan framing pemberitaan di kedua media tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembingkaian berita di Detik.com dan Suara.com terhadap pemberitaan Rocky Gerung terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara dan juga mengetahui perbandingan framing di media Detik.com dan Suara.com. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Framing Robert Entman, Penelitian ini berfokus pada bagaimana kedua media tersebut membingkai kritik Rocky Gerung dan dampaknya terhadap opini publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis interpretatif. Data dikumpulkan melalui artikel berita dari kedua portal yang terkait dengan pandangan Rocky Gerung tentang pembangunan ibu kota baru. Analisis data dilakukan secara komparatif untuk mengidentifikasi perbedaan framing yang diterapkan oleh Detik.com dan Suara.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua media memiliki perbedaan dalam framing berita terkait kritik Rocky Gerung. Detik.com cenderung menyoroti aspek protes dan kecaman dari berbagai pihak yang berpendapat bahwa kritik Rocky Gerung menimbulkan kegaduhan publik. Sebaliknya, Suara.com menggunakan pendekatan naratif yang lebih seimbang dengan menampilkan sebab dan akibat dari kritik tersebut, termasuk alasan di balik kritik Rocky Gerung dan dampaknya.Temuan ini mengindikasikan bahwa framing berita di media massa dapat membentuk persepsi publik yang berbeda terhadap isu yang sama, bergantung pada sudut pandang dan pendekatan naratif yang digunakan oleh masing-masing media.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): framing, Rocky Gerung, ibu kota nusantara
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 070 Berita media, jurnalisme & penerbitan > 071 Jurnalisme dan Surat Kabar di Indonesia
100 Filsafat & Psikologi > 110 Metafisika > 111 Ontologi > 111.6 Terbatas dan Tak Terbatas > 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 070 Berita media, jurnalisme & penerbitan > 071 Jurnalisme dan Surat Kabar di Indonesia
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 22 Jul 2024 04:25
Perubahan Terakhir: 22 Jul 2024 04:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14928

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.