Peran PATTIRO Banten dalam Meningkatkan Kualitas Partisipasi Kesehatan Ibu dan Bayi Melalui Program KATALIS di Kabupaten Tangerang

Sholiha, Annisa (2024) Peran PATTIRO Banten dalam Meningkatkan Kualitas Partisipasi Kesehatan Ibu dan Bayi Melalui Program KATALIS di Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_201530050_Cover.pdf

Download (104kB)
[img] Teks
S_PMI_201530050_Lampiran Depan.pdf

Download (934kB)
[img] Teks
S_PMI_201530050_Bab I.pdf

Download (314kB)
[img] Teks
S_PMI_201530050_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (274kB)
[img] Teks
S_PMI_201530050_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (339kB)
[img] Teks
S_PMI_201530050_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (222kB)
[img] Teks
S_PMI_201530050_Bab V.pdf

Download (97kB)
[img] Teks
S_PMI_201530050_Daftar Pustaka.pdf

Download (693kB)

Abstrak

Program KATALIS merupakan Upaya dalam meningkatkan akses layanan kesehatan ibu dan anak yang dilakukan di 2 desa di Kabupaten Tangerang. Program tersebut dilakukan karena tingginya angka kematian ibu dan anak serta stunting dan minimnya sanitasi air bersih. Dengan demikian penulis tertarik meneliti, maka judul penelitian ini,yaitu Peran PATTIRO Banten Dalam Meningkatkan Kualitas Partisipasi Kesehatan Ibu dan Bayi Melalui Program KATALIS Di Kabupaten Tangerang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana partisipasi kesehatan ibu dan bayi ? 2) Apa peran PATTIRO Banten dalam meningkatkan kualitas partisipasi Kesehatan ibu dan bayi di Kabupaten Tangerang melalui program KATALIS? 3) Apa dampak program KATALIS dalam mengatasi kematian ibu dan anak?. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yang menekankan pada analisis atau penulisan deskripstif dari hasil perkataan orang-orang, Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa :1) Mengenai partisipasi Masyarakat pada program KATALIS mulai dari tahapan partisipasi yang dilaksanakan dengan baik dan factor yang mempengaruhi partisipasi yaitu faktor usia yang terdiri dari faktor pendidikan, usia dan pendapatan. 2) Peran PATTIRO Banten dalam meningkatkan Kesehatan ibu dan bayi,, yaitu meningkatkan kelompok masyarakat untuk mendapatkan akses sanitasi dan air bersih, serta menciptakan lingkungan dan desa pemerintah yang sehat dan bermanfaat, memperkuat kelompok masyarakat peduli terhadap kesehatan ibu dan anak, memberikan edukasi melalui berbagai media kepada masyarakat tentang kesehatan ibu dan anak serta stunting, mendorong pemerintah daerah, terutama penyedia layanan kesehatan dasar (puskesmas) dan bidan desa untuk meningkatkan pelayanan dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan anak serta stunting. 3) Dampak program KATALIS mengenai kualitas Kesehatan Masyarakat di kabupaten Tangerang, yaitu Terciptanya Lingkungan Sehat Dan Bermanfaat, Masyarakat ter-edukasi terkait Dengan Kesehatan Ibu dan Anak Serta Pencegahan Stunting, Masyarakat Memiliki Layanan Sanitasi dan Air Bersih dan Memiliki Lingkungan Yang Sehat Dan Bermanfaat, Pemerintah Daerah Meningkatkan Kualitas Pelayanan Puskesmas dan Bidan Desa Dalam Penanganan Kesehatan Ibu Anak dan Stunting.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): peran, partisipasi masyarakat, kesehatan ibu dan bayi, program KATALIS
Subjek: 600 Teknologi > 610 Kedokteran & Kesehatan > 613 Pribadi kesehatan & keselamatan > 613.04 Promosi Kesehatan untuk Jenis Kelamin dan Usia Tertentu
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 18 Jul 2024 04:02
Perubahan Terakhir: 18 Jul 2024 04:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14899

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.