Noviyanti, Reka (2024) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Ujrah pada Sistem Member Get Member (Studi Kasus Kantor Perwakilan PT Samira Ali Wisata Tour & Travel Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_HES_201130135_Cover.pdf Download (209kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_HES_201130135_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_HES_201130135_Bab I.pdf Download (587kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_HES_201130135_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (799kB) |
||
Teks
S_HES_201130135_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (305kB) |
||
Teks
S_HES_201130135_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (446kB) |
||
|
Teks
S_HES_201130135_Bab V.pdf Download (192kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_HES_201130135_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Agen/travel merupakan salah satu komponen penting ketika akan menunaikan ibadah haji dan umrah. Agen/travel berperan sebagai penyedia jasa yang meliputi perencanaan, pembiayaan, penyedia akomodasi, membantu menyiapkan data-data yang diperlukan, serta hal-hal lain yang diperlukan untuk menunaikan ibadah haji dan umrah. Dalam setiap travel haji dan umrah menawarkan pilihan produk beserta keunggulannya masing-masing. Salah satunya pemberian ujrah pada tiap mitra/agen yang terlibat dalam pencalonan jamaah haji dan umrah. Pemberian ujrah tersebut dilandaskan pada syarat dan ketentuan yang tercantum pada perjanjian kerja sama antara mitra dan perusahaan. Perumusan masalah: 1) Bagaimana penerapan ujrah pada sistem Member Get Member di PT Samira Ali Wisata Tour & Travel? 2) Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap penerapan ujrah pada sistem Member Get Member di PT Samira Ali Wisata Tour & Travel? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan ujrah pada sistem Member Get Member di PT Samira Ali Wisata Tour & Travel dan mengetahui pandangan hukum Islam terhadap penerapan ujrah pada sistem Member Get Member di PT Samira Ali Wisata Tour & Travel. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari observasi dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari Al-Qur’an, hadis, Fatwa MUI, pendapat para ulama, pendapat ahli, buku-buku, hasil penelitian terdahulu, publikasi atau jurnal ilmiah yang relevan, serta sumber-sumber yang berkaitan. Bentuk teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Perjanjian kerja sama antara member dan travel berdasarkan akad Ju’alah. Dimana pemberian ujrah hanya dapat dilakukan apabila member berhasil menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Ujrah yang didapat disesuaikan dengan pilihan paket/produk pemberangkatan ibadah umrah yang dipilih oleh customer. Adapun prosedur pemberian ujrah pada member/mitra dilakukan apabila calon jamaah sudah melakukan pembayaran DP dan booking seat. 2) Praktik penerapan ujrah pada mitra terhadap sistem member get member di PT Samira Ali Wisata Tour & Travel sudah sesuai dengan aturan hukum Islam baik sesuai dengan al-Qur’an ataupun dengan landasan hukum Fatwa DSN MUI yang dipakai sebagaimana dijelaskan sebelumnya yaitu Fatwa DSN No.62/DSN-MUI/XII/2007 tentang Akad Ju’alah dan pemberian ujrah yang disesuaikan dengan hukum islam.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | ujrah, akad ju'alah, hukum islam |
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah |
Divisi: | Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 17 Jul 2024 07:37 |
Perubahan Terakhir: | 17 Jul 2024 07:37 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14887 |
Actions (login required)
Lihat Item |