PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TAHFIDZUL QUR’AN DENGAN KELAS REGULER PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS ( Studi di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang)

ROSYITA, ITA (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TAHFIDZUL QUR’AN DENGAN KELAS REGULER PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS ( Studi di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
1. COVER SKRIPSI ITA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (140kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
2 & 3. Pernyataan Keaslian Skripsi & abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (255kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (422kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (509kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (512kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (161kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (222kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kelas Tahfidzul Qur’an memiliki peluang yang lebih baik dari Kelas Reguler untuk mendapatkan hasil belajar AlQur’an Hadits. Karena Kelas Tahfidzul Qur’an merupakan kelas khusus yang di dalamnya terdapat program menghafal Al-Qur’an, sedangkan Kelas Reguler (biasa) adalah kelas umum yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum pendidikan. Namun untuk mendapatkan hasil belajar di kelas terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Bagaimana hasil belajar Al-Qur’an Hadits Kelas Tahfidzul Qur’an di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang?, 2). Bagaimana hasil belajar Al-Qur’an Hadits Kelas Reguler di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang?, 3). Adakah perbedaan hasil belajar Al-Qur’an Hadits antara siswa Kelas Tahfidzul Qur’an dengan Kelas Reguler di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang?, Adapun tujuan penelitian ini sebagai berikut : 1). Untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits Kelas Tahfidzul Qur’an di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang. 2). Untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits Kelas Reguler di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang. 3). Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Al-Qur’an Hadits antara siswa Kelas Tahfidzul Qur’an dengan Kelas Reguler di di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis dan teknik analisis komparasional bivariat, yaitu dengan cara mendeskripsikan data, menganalisa, dan membandingkan data dari hasil belajar Al-Qur’an Hadits antara siswa Kelas Tahfidzul Qur’an dengan Kelas Regular. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan sampel 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa Kelas Tahfidzul Qur’an dan 24 siswa Kelas Reguler. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara Kelas Tahfidzul Qur’an dengan Kelas Regular pada mata pelajaran AlQur’an Hadits dibuktikan dari nilai tobservasi lebih kecil dari pada nilai ttabel, yaitu : 2,01 > 0,75 < 2,68. Hipotesis nihil diterima dan hipotesis alternatif ditolak. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : 1) Hasil Belajar Siswa Kelas Tahfidzul Qur’an pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits tergolong baik. 2) Hasil Belajar Siswa Kelas Reguler pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits juga tergolong baik. 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan Hasil Belajar Siswa Kelas Tahfidzul Qur’an dengan Kelas Reguler.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): hasil belajar qur’an hadits, kelas tahfidzul qur’an, kelas reguler.
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 29 Des 2017 09:24
Perubahan Terakhir: 29 Des 2017 09:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1487

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.