Analisis Produksi Program Jendela Negeri TVRI

Nugroho, Bagus Prasetiyo (2024) Analisis Produksi Program Jendela Negeri TVRI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510019_Cover.pdf

Download (393kB)
[img] Teks
S_KPI_201510019_Lampiran Depan.pdf

Download (660kB)
[img] Teks
S_KPI_201510019_Bab I.pdf

Download (516kB)
[img] Teks
S_KPI_201510019_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (763kB)
[img] Teks
S_KPI_201510019_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (351kB)
[img] Teks
S_KPI_201510019_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (749kB)
[img] Teks
S_KPI_201510019_Bab V.pdf

Download (159kB)
[img] Teks
S_KPI_201510019_Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB)

Abstrak

Dengan perkembangan zaman saat ini yang sangat maju, teknologi juga dapat berkembang dengan sangat pesat. Karena itu, kita dapat dengan mudah mendapatkan sebuah informasi melalui berbagai jenis teknologi, yaitu radio, telepon, televisi, komputer, dan lain-lainnya. Spesifikasi kegunaan untuk media massa, seperti televisi, salah satunya dapat membantu kita dalam menemukan informasi. Televisi memainkan peran yang penting dalam membuat dan menyebarkan informasi kepada publik/masyarakat. Di zaman modern ini, masyarakat tentu membutuhkan adanya informasi yang sudah tersebar ke publik. Pada awalnya, TVRI merupakan satu-satunya stasiun televisi yang ada di Indonesia. Tetapi, hingga pada saat ini, banyak stasiun televisi swasta yang sudah berdiri dapat membuat berbagam program yang menarik. Dalam memproduksi program acara televisi, membutuhkan perencanaan dengan sangat baik. Agar, pada saat proses produksi dapat berjalan lancer tanpa ada kendala. Program Jendela Negeri TVRI yang memiliki format program magazine plus, hadir di Tengah Masyarakat membahas tema yang sedang terjadi di Indonesia dengan mengundang narasumber sesuai pada tema tersebut. Penelitian ini berfokus pada analisis produksi program Jendela Negeri TVRI. Rumusan masalah pada penelitian pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana proses pra produksi, produksi, dan pasca produksi pada program Jendela Negeri TVRI? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang terjadi pada saat proses produksi program Jendela Negeri TVRI? Dalam penelitian, penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan ini membantu peneliti dalam mendapatkan hasil yang maksimal dengan terjun langsung ke studio TVRI. Selain itu, dengan pendekatan ini juga untuk menyajikan deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, dan tepat sesuai fakta serta hubungan antara fenomena yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti di Studio TVRI, menyimpulkan sebagai berikut: 1) Program Jendela Negeri TVRI melakukan tiga tahapan dalam proses produksi, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi, 2) Faktor pendukung dalam proses produksi program Jendela Negeri TVRI, yaitu jalur komunikasi yang baik dalam secara team, terdapat persediaan sarana dan prasarana yang sangat baik, Kerja sama serta kekompakkan team yang baik dan adanya dukungan dari pimpinan redaksi. Sedangkan faktor penghambat terdapat adanya gangguan sinyal karena menggunakan device soliton, faktor cuaca yang mempengaruhi sinyal device soliton, Narasumber yang tidak bisa hadir di studio, dan studi yang sama dengan program lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisis, Produksi, Program, Jendela Negeri, TVRI
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 08 Jul 2024 08:27
Perubahan Terakhir: 08 Jul 2024 08:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14829

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.