Rohmah, Nida Nasikatur (2024) Efektivitas Model Scramble pada Materi Norma-Norma terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di SDN Banjarwangi Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_201240057_COVER.pdf Download (78kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240057_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (599kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240057_BAB I.pdf Download (196kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_201240057_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (237kB) |
||
Teks
S_PGMI_201240057_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (569kB) |
||
Teks
S_PGMI_201240057_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (617kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_201240057_BAB V.pdf Download (201kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240057_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Berdasarkan temuan di lapangan terdapat beberapa masalah pembelajaran yang terjadi pada siswa kelas IV SDN Banjarwangi Pandeglang diantaranya, kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah pada salah satu mata pelajaran yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi norma-norma. Permasalahan ini akan berpengaruh pada beberapa aspek berikut, seperti keaktifan, kreativitas, dan kemampuan menelaah suatu masalah. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan ditemukannya masalah pembelajaran, diperlukannya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk mengatasi permasalahan kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan tipe scramble. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas model pembelajaran scramble terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDN Banjarwangi Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kuasi eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah kelas IVA berjumlah 24 siswa dan kelas IVB berjumlah 22 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes (pre-test & post-test), angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji hipotesis post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan bantuan microsoft exel 2010, didapati t hitung = 2,812 dengan dk = 44, (5%), t tabel = 2,015, jadi t hitung > t tabel (2,812 > 2,015). Dan didapati juga nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 72,27 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 83,54 sehingga hasil belajar kelas eskperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran scramble terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada materi norma-norma, sehingga dapat dinyatakan pula bahwa model pembelajaran scramble efektif dilakukan di dalam kelas.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | model pembelajaran scramble, keterampilan berpikir kritis, siswa sekolah dasar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 08 Jul 2024 07:53 |
Perubahan Terakhir: | 30 Jul 2024 03:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14827 |
Actions (login required)
Lihat Item |