Efektivitas Model Scramble pada Materi Norma-Norma terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di SDN Banjarwangi Pandeglang

Rohmah, Nida Nasikatur (2024) Efektivitas Model Scramble pada Materi Norma-Norma terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di SDN Banjarwangi Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240057_COVER.pdf

Download (78kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240057_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (599kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240057_BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240057_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (237kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240057_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (569kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240057_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (617kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240057_BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240057_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstrak

Berdasarkan temuan di lapangan terdapat beberapa masalah pembelajaran yang terjadi pada siswa kelas IV SDN Banjarwangi Pandeglang diantaranya, kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah pada salah satu mata pelajaran yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi norma-norma. Permasalahan ini akan berpengaruh pada beberapa aspek berikut, seperti keaktifan, kreativitas, dan kemampuan menelaah suatu masalah. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan ditemukannya masalah pembelajaran, diperlukannya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk mengatasi permasalahan kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan tipe scramble. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas model pembelajaran scramble terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDN Banjarwangi Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kuasi eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah kelas IVA berjumlah 24 siswa dan kelas IVB berjumlah 22 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes (pre-test & post-test), angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji hipotesis post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan bantuan microsoft exel 2010, didapati t hitung = 2,812 dengan dk = 44, (5%), t tabel = 2,015, jadi t hitung > t tabel (2,812 > 2,015). Dan didapati juga nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 72,27 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 83,54 sehingga hasil belajar kelas eskperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran scramble terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada materi norma-norma, sehingga dapat dinyatakan pula bahwa model pembelajaran scramble efektif dilakukan di dalam kelas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): model pembelajaran scramble, keterampilan berpikir kritis, siswa sekolah dasar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 08 Jul 2024 07:53
Perubahan Terakhir: 09 Jul 2024 02:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14827

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.